x

Tunjuk Dendy Sulistyawan jadi Kapten Timnas Indonesia, Ini Doa Shin Tae-yong

Rabu, 29 Maret 2023 16:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjabarkan alasan mengapa dirinya menunjuk Dendy Sulistyawan sebagai kapten di laga kedua melawan Burundi.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menjabarkan alasan mengapa dirinya menunjuk Dendy Sulistyawan sebagai kapten di laga kedua melawan Burundi.

Timnas Indonesia memang kembali menghadapi Burundi pada laga kedua FIFA Matchday periode Maret 2023. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (28/03/23) malam skor imbang 2-2 menjadi hasil akhir.

Ada yang menarik dalam laga tersebut, di mana Shin Tae-yong menjadikan Dendy Sulistyawan sebagai kapten Tim Garuda.

Bukan pemandangan yang biasa mengingat biasanya salah satu dari Asnawi Mangkualam atau Fachrudin Aryanto yang mengisi jabatan tersebut namun keduanya sama-sama absen di partai kedua.

Shin Tae-yong mengaku tidak memiliki alasan khusus memilih Dendy sebagai kapten. Namun, dia mengakui keputusan tersebut diharapkan bisa membuat sang striker menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga

"Memang sebelumnya Fachruddin yang menjadi kapten, tapi dia tidak bisa dimainkan. Jadi saya menunjuk Dendy," kata Shin Tae-yong.

"Saya berharap dia bisa jadi lebih baik. Sejujurnya tidak ada makna besar di balik itu," tambah Shin Tae-yong.

Baca Juga

Dendy Sulityawan sendiri mampu tampil ciamik dalam dua laga FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Burundi.

Pada laga perdana 25 Maret, striker yang dipanggil dari Bhayangkara FC itu mencetak satu gol saat Timnas Indonesia menang dengan skor 3-1.

Sementara di laga kedua, Dendy berhasil memberikan assist kepada Witan Sulaeman di gol perdana Timnas Indonesia. Sayang di laga kedua, Timnas Indonesia hanya bermain imbang 2-2.

Baca Juga

1. Puji Level Permainan Timnas

Shin Tae-yong.

Kini selepas dua kali menghadapi Burundi di FIFA Matchday periode Maret, Timnas Indonesia sudah ditunggu agenda FIFA Matchday selanjutnya yang akan bergulir pada Juni mendatang.

Salah satu calon lawan Indonesia sudah diketahui yakni Palestina, sementara satu lainnya masih dicari PSSI di mana federasi sepak bola Indonesia itu berencana mendatangkan juara Piala Dunia 2022 Argentina ke Tanah Air.

Siapapun lawannya, dipastikan skuad Merah-Putih siap untuk menghadapinya. Terutama setelah Shin Tae-yong sendiri mengatakan jika level anak-anak asuhnya kini telah meroket.

Timnas Indonesia di mata pelatih asal Korea Selatan itu sudah setaraf dengan sangara-sangara Asia lainnya usai selama ini hanya bisa berbicara dalam zona ASEAN saja.

Dari dua laga melawan Burundi, Shin Tae-yong sudah melihat perubahan signifikan di skuat Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Jadi selama dua pertandingan ini, saya menemukan beberapa hal positif untuk timnas Indonesia." kata Shin Tae-yong.

"Jadi ini sedikit lagi memperkuat mental, pasti menjadi tim yang menantang di Asia bukan ASEAN lagi,"

Baca Juga

"Pemain sudah bekerja keras untuk laga kali ini. Secara keseluruhan banyak pemain yang terlihat capek."

"Tapi mereka terus berjuang hingga akhir tidak menyerah. Itu yang saya apresiasi untuk kekuatan mental mereka," pungkasnya kemudian.

Lepas agenda dengan timnas Indonesia senior usai, kini fokus Shin Tae-yong akan kembali tertuju pada timnas Indonesia U-20 yang akan menghadapi Piala Dunia U-20. Diharapkan progres yang sama juga bakal dilihatnya dari skuad Garuda Muda.

Baca Juga

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News
 

Timnas IndonesiaBola InternasionalDendy SulistyawanBhayangkara FCBurundiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini