x

Indonesia Tambah 2 Medali Emas di Hari Keempat Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Jumat, 9 Desember 2022 20:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Kontingen Wushu Indonesia kembali mencatatkan prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 dengan menambah 2 medali emas dihari keempat.

INDOSPORT.COM - Kontingen Wushu Indonesia kembali mencatatkan prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022. Tuan rumah menambah 2 medali emas dan 1 medali perunggu, Jumat (09/12/22) di ICE BSD Tangerang.

Dengan hasil tersebut, Indonesia sudah mengoleksi sembilan emas, dua perak dan tiga perunggu.

Medali emas pertama hari ini diraih Anasera Zahra Haryoso yang tampil di kategori Qiangshu Junior C Putri. Dia Mencatatkan 9,106 poin.

Bagi Rara, panggilan akrabnya, ini jadi  emas kedua setelah sebelumnya ia meraih emas di kategori Changquan Junior Putri C. Atlet 11 tahun itu menyamai prestasi Kylie Suyoto Kwok yang juga meraih dua emas di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022.

"Saya senang bisa menyumbangkan dua medali emas bagi Kontingen Wushu Indonesia," kata Rara yang ditemui usai pertandingan.

Baca Juga

Bukan hanya Rara, Rainer Renaldy Ferdiansyah juga menjadi bintang hari ini setelah merebut medali emas Taijijian kelompok Junior A Putra. Dia mengantongi 8,800 poin atau unggul dari  Ali Essam Ali (Mesir dengan mengantongi 8,600 poin) dan Nguyen Quang M dari Vietnam dengan 8,466 poin.  

Menariknya, ini juga jadi medali emas kedua bagi Ray.  Sebelumnya dia mengamankan podium pertama di kategori Taiji Jien/Pedang.

Baca Juga

Sementara itu, medali perunggu pada hari ini diraih oleh Bradley Jason dari Gunshu Kelompok Junior C Putra. Atlet Sasana Xiao Yao Surabaya, Jawa Timur ini mengumpulkan 8,730 poin.

Jason kalah saing dari Remus Wong (Hongkong) dengan mengumpulkan 8,866 poin dan meraih emas, serta Lucas Dong dari Amerika Serikat yang mendapat perak dengan 8,786 poin.

Sebenarnya, ada dua tambahan perunggu untuk kontingen Indonesia dari nomor Sanda. Atlet tuan rumah, Denis Darmawan terhenti di semifinal, dimana otomatis sudah mendapat perunggu (hanya belum diberikan secara resmi di podium).

Baca Juga

1. Perolehan Medali Sementara

Kontingen Wushu Indonesia kembali mencatatkan prestasi di Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022 dengan menambah 2 medali emas dihari keempat.

Denis mengalami kekalahan saat menghadapi atlet Vietnam, Hua Van Doan di partai semifinal kelas 52kg putra Junior. 

Lalu berikutnya ada Kiemas Sakti Negara yang terhenti di semifinal setelah mengalami kekalahan saat menghadapi atlet Vietnam, Nguyen Dang Khoa di kelas 45kg putra Junior. 

"Ya, Kiemas dan Denis meraih medali perunggu. Namun, perolehan itu belum bisa dimasukkan dalam daftar perolehan medali karena belum dilakukan upacara penghormatan pemenang (UPP)," jelas manajer tim Sanda Indonesia, Sudarsono

"Jadi, kalau dihitung perolehan dua perunggu dari nomor Sanda, Indonesia telah mengoleksi 9 emas, 2 perak dan 5 perunggu," tuntasnya.

Baca Juga

Untuk diketahui, Kejuaraan Dunia Wushu Junior diikuti oleh 870 atlet dan ofisial dari 62 negara. Indonesia menurunkan sebanyak 23 atlet terbaik dari hasil seleksi nasional.

Dari 23 atlet tersebut, 12 di antaranya atlet nomor taolu dengan masing-masing enam putra dan enam putri. Sisanya sebelas atlet sanda yang terdiri dari delapan putra dan tiga putri.

Baca Juga

Adapun atlet wushu Indonesia yang telah menyumbang medali adalah Anasera Zahra Haryoso (emas kategori Changquan Junior Putri C), Josh Tiesto Tanto (perak kategori Nangun Junior Putra A dan emas kategori Nanquan).

Lalu ada Ivana Beatrice (perak dari permainan Gunshu Junior Putri A dan emas Daoshu), Thalia Marvelina Tanzil (emas permainan Daoshu di kategori Junior B Putri) dan Kylie Suyoto Kwok (emas Jianshu dan emas Changquan).

Baca Juga
WushuKejuaraan Dunia Wushu 2015Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI)

Berita Terkini