x

Lampaui Target Medali, Indonesia Masih Pimpin Klasemen Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Jumat, 9 Desember 2022 03:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
Atlet Wushu Indonesia, Anasera Zahra Haryoso dan Billie Karina meraih medali emas dan perak Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022, Kamis (08/12/22).

INDOSPORT.COM - Kontingen Wushu Indonesia berhasil menambah satu emas, dua perak dan satu perunggu pada hari ketiga Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII/2022, Kamis (08/12/2022) di ICE BSD, Tangerang.

Dengan tambahan medali itu, kini tuan rumah telah melampaui target dari PB Wushu Indonesia.

Total, Kontingen Indonesia telah koleksi tujuh emas, dua perak dan dua perunggu. Catatan itu sudah melewati target yang dicanangkan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto yang menargetkan enam emas.

Baca Juga

Raihan 11 medali tersebut juga membuat Kontingen Indonesia masih memimpin klasemen sementara Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022.

Di tempat kedua, China yang menempel ketat dengan enam emas dan satu perunggu. Lalu peringkat ketiga dihuni Malaysia dengan tiga emas, lima perak dan empat perunggu. 

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa menambah satu emas, dua perak dan satu perunggu. Luar biasa. Kini, kita telah melampaui target dengan merebut tujuh medali emas, dua perak dan dua perunggu," kata Chef de Mission Kontingen Wushu Indonesia, Doddy Rahadi.

"Semua ini tidak terlepas dari perhatian dan komitmen dari Pak Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dalam menjalankan program pembinaan wushu Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga

Medali emas di hari ketiga dipersembahkan Anasera Zahra Haryoso yang turun di kategori Changquan (Junior Putri C).

Lalu dua medali perak disumbang oleh Josh Tiesto Tanto yang turun di kategori Nangun (Junior Putra A) dan Ivana Beatrice dari permainan Gunshu (Junior Putri A).

Sedangkan medali perunggu diraih Billie Karina yang turun di kategori Changquan (Junior Putri C).

"Xue Ling Kassandra memang pantas mendapatkan medali emas karena gerakannya lebih sempurna," ujar Manajer Tim Taolu Kontingen Wushu Indonesia, Herman Wijaya mengomentari raihan perak Ivana Beatrice.

Baca Juga

1. Indonesia Punya Peluang Tambah Emas Lagi

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto. (Foto: WJWC 2022)

Meski sudah sesuai target PB Wushu Indonesia, Herman Wijaya menilai Indonesia masih berpeluang menambah tiga medali emas lagi dari nomor Taolu.

"Kita masih berpeluang menambah 3 medali emas lagi," jelas pemilik Sasana Rajawali Sakti itu.

Baca Juga

Indonesia turunkan 23 atlet di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022. Ada dua nomor yang ditandingkan yakni Sanda dan Taolu dengan banyak kategorinya.

Persaingan di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 sangat ketat karena ada ratusan atlet dari 60 negara dan dua regional (Hong Kong dan Macau) yang berpartisipasi. Ajang ini juga jadi kualifikasi untuk Youth Olimpic 2026 di Senegal.

Baca Juga
WushuMulti-EventKejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Berita Terkini