SEA Games 2019: Cabor Angkat Besi Targetkan Raih Juara Umum untuk Indonesia

Rabu, 10 April 2019 03:20 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih angkat besi Indonesia, Dirja Wihardja Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Pelatih angkat besi Indonesia, Dirja Wihardja

INDOSPORT.COM - Salah satu cabor andalan di Indonesia, Angkat Besi rupanya sudah memulai persiapan untuk menghadapi kompetisi olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2019 yang rencananya akan digelar di Manila, Filipina pada 30 November – 11 Desember 2019.

Usai wawancara dengan INDOSPORT dengan sang pelatih, Dirja Wihardja melalu via telefon. Diketahui bahwa kegiatan latihan sudah dimulai dan dipusatkan di Markas Komando Pasukan Marinir (Mako Pasmar), Jakarta Pusat sejak awal tahun 2019 ini.

“Yang pasti dari 4 Januari 2019 kami sudah mulai latihan. Selain itu, dana dari Kemenpora juga sudah turun sebesar 12 Miliar,” jelas Dirja pada Selasa (04/09/19).

Hingga kini, sudah ada 17 orang yang mengikuti latihan dan akan diseleksi hingga menjadi 10 orang. Untuk kuota sendiri, Dirja menjabarkan akan menyaring 4 kelas untuk putra dan 6 kelas untuk putri.

“Selain untuk Sea Games 2019, kami juga mengadakan try out untuk menghadapi babak kualifikasi Olimpiade 2020. Apalagi, peraturan sekarang juga sudah berubah. Kalau dulu poin dihitung per-tim, sekarang dihitung per-individu,” papar sosok pria yang sudah menjadi pelatih angkat besi nasional selama 16 tahun ini.

Seminggu mendatang, tepatnya 18 – 28 April 2019 sebanyak delapan lifter kebanggaan Indonesia, lima putra dan tiga putri akan bertanding untuk meraih poin semaksimal mungkin di Kejuaraan Asia Angkat Besi 2019 di Ningbao, Tiongkok.

Atlet putra yang akan berangkat, ialah Eko Yuli Irawan, Deni, M. Yasin, Triyatno, dan Rahmat Erwin. Sedangkan dari atlet putri, antara lain Windy Cantika, Syarah Anggraeni, dan Nurul Akmal.

“Selain mengumpulkan poin, di kompetisi tersebut juga kami akan melihat calon-calon lawan nantinya. Karena disana kan nanti ada perwakilan dari seluruh negara di Asia Tenggara jadi bisa belajar kelebihan dan kekurangannya juga,” ungkap Dirja.

Pada gelaran Asian Games 2018 lalu, Indonesia meraih posisi keempat pada cabor Angkat Besi dibawah Uzbekistan, Iran, dan Korea Utara dengan raihan satu emas dari Eko Yuli Irawan, satu perak dari Sri Wahyuni, dan satu perunggu dari Surahmat Suwoto. Untuk SEA Games 2019 kali ini, Dirja secara spesifik menginginkan adanya kemajuan dalam peringkat.

“Masih terlalu dini untuk menentukan pemain andalan yang akan ditargetkan untuk meraih medali. Tetapi, untuk target secara keseluruhan, yang jelas kami punya target untuk jadi juara umum di SEA Games 2019,” pungkas Dirja.

Ikuti Terus Berita SEA Games 2019 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM