Sumbang Perak untuk Indonesia, SEA Games 2019 Jadi yang Terakhir bagi Lisa Setiawati

Minggu, 1 Desember 2019 15:04 WIB
Penulis: Prabowo, Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Atlet angkat besi Indonesia, Lisa Setiawati, tak sanggup menahan haru usai meraih medali perak di ajang SEA Games 2019. Lisa mempersembahkan perak dari cabang olahraga angkat besi nomor 45 kg putri.

Bertanding di Ninoy Aquino Stadium, Minggu (01/12/19), Lisa Setiawati membukukan total angkatan terbaik 169 kg, dengan rincian 73 kg snatch dan 96 clean and jerk. Total angkatan Lisa itu membuatnya menjadi runner up angkat besi kelas 45 kg putri.

Meski mampu membuat bangga Indonesia di ajang SEA Games 2019 dengan meraih medali perak dari cabang angkat besi, namun Lisa Setiawati tak mampu menahan air mata karena gagal mempersembahkan medal emas.

“Terima kasih atas doa dan dukungannya. Mohon maaf saya belum bisa memberikan medali emas untuk Indonesia,” tutur Lisa sambil terbata-bata.

Lifter berusia 30 tahun itu kemudian menyampaikan bahwa SEA Games 2019 di Flipina kali ini merupakan keikutsertaannya yang pertama sekaligus yang terakhir.

“Mungkin ini yang pertama saya ikut SEA Games dan terakhir, karena target saya medali emas belum bisa tercapai,” imbuh Lisa, diiringi riuh tepuk tangan ofisial Tim Indonesia dan awak media yang memberi dukungan pada dirinya.

Medali emas cabang angkat besi SEA Games 2019 kelas 45 kg putri sendiri diraih oleh lifter asal Vietnam, Vuong Thi Huyen, yang menorehkan total angkatan 172 kg dengan rincian 77 kg snatch dan 95 kg clean and jerk.

Sedangkan medal perunggu disebet oleh atlet angkat besi Filipina, Mary Flor Diaz, yang mencatatkan total angkatan 159 kg dengan rincian angkatan snatch seberat 70 kg dan angkatan clean and jerk 89 kg.