x

Cetak Rekor Gila di SEA Games, Rahmat Erwin Abdullah: Biasa Aja, Harusnya Bisa 200 kg

Sabtu, 21 Mei 2022 16:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

INDOSPORT.COM - Cetak rekor fantastis di SEA Games 2021 cabang olahraga angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah mengaku tak bisa mengekspresikan perasaan hatinya.

Rahmat Erwin Abdullah sukses menjaga gelar juara angkat besi di kelas 73kg putra, sekaligus mempertajam rekor yang pernah ia catatkan di SEA Games 2019 Manila lalu.

Baca Juga

Bertanding di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5/22), Rahmat seolah tak terbendung di antara para rival.

Ia menjukkan kelasnya sebagai anak muda yang membawa pulang medali perunggu di Olimpiade 2020 Tokyo lalu, dan memang berada di level berbeda dengan para rival.

"Perasaan saya biasa aja, rasanya lebih berat yang kemarin (SEA Games 2019). Persaingan sekarang sudah jauh dari angkatan saya," kata Rahmat usai laga.

Baca Juga

Rahmat mengawali angkatan snatch dengan beban seberat 142 kg, dan langsung berada di urutan teratas di antara enam lawannya.

Belum puas, Rahmat kemudian mencoba mempertajam rekor yang ia torehkan di SEA Games 2019 lalu, yakni 145 kg. Ia menambah 5kg pada angkatan tersebut dan berhasil.

Tak puas, Rahmat mencoba mengangkat beban snatch 155kg pada angkatan ketiga, berhasil lagi. Medali emas ia amankan lagi.

Baca Juga

Capaian itu tak jauh berbeda dengan angkatan clean&jerk. Rahmat berhasil menjadi yang terbaik dan memecahkan rekor SEA Games dengan angkatan 190 kg.

Pada angkatan terakhir, Rahmat sempat mencoba mengangkat beban seberat 200 kg untuk memecahkan rekor dunia. Namun, upaya atlet 21 tahun itu belum berhasil.


1. Emas Lagi, Rahmat Mantap jadi PNS

Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

Rahmat Erwin Abdullah, lifter muda andalan Indonesia sempat mencoba mengangkat beban seberat 200 kg untuk memecahkan rekor dunia di SEA Games 2021 Vietnam.

Namun, atlet berusia 21 tahun itu sedikit kesulitan dan akhirnya harus menunda impiannya untuk mencetak rekor dunia.

"Sebenarnya sudah target (200 kg), cuma sedikit meleset. Yang kayak tadi harusnya bisa, dan itu sudah terukur banget dalam latihan, tinggal mencoba di kompetisi."

Baca Juga

Namun tidak masalah, Rahmat Erwin Abdullah sudah mengamankan medali emas di SEA Games 2021 cabor angkat besi 73 kg.

Emas yang diraih Rahmat merupakan yang kedua dari cabor angkat besi. Sebelumnya, lifter senior Eko Yuli Irawan mendapatkan medali emas di kelas 61kg putra.

Keberhasilan Rahmat Erwin Abdullah di SEA Games 2021, membuatnya dijanjikan untuk menjadi PNS oleh Menpora Zainudin Amali.

Baca Juga

"Saya akan jadi PNS yang bakal punya pensiun. Pak Menteri tadi sudah bilang di depan ayah saya," ucap Rahmat usai laga.

"Tadinya kan kita mau jadikan Rahmat sebagai PNS, tetapi usianya belum cukup. Sekarang dia akan jadi PNS seperti Eko Yuli Irawan," ungkap Menpora Zainudin Amali.


2. Update Perolehan Medali SEA Games 2021

Logo Sea Games Vietnam.

Hingga pukul 13.30 WIB, Indonesia sudah menambah lima keping emas di ajang SEA Games 2021.

Selain Rahmat, empat medali emas lainnya diberikan cabang olahraga kano/kayak, dan cabor catur di nomor women’s team blitz.

Untuk Kayak, Indonesia meraih medali emas untuk nomor Man’s Kayak Four 500m (MK4 500), Women’s Kayak 500m (WK4 500), dan Women’s Canoe Four (WC4 200).

Sumbangan ini juga membuat posisi Merah Putih semakin kukuh di peringkat ketiga klasemen sementara perolehan medali, bersaing dengan Vietnam dan Thailand.

Hingga rilis ini diturunkan, Indonesia sudah mengoleksi total 55 emas, 73 perak, 63 perunggu di SEA Games 2021 Vietnam.

SEA GamesAngkat BesiMedali EmasAngkat BeratPegawai Negeri Sipil (PNS)Rahmat Erwin AbdullahSEA Games 2021

Berita Terkini