x

Bikin Bangga! Atlet Angkat Besi Indonesia Pertajam Rekor Dunia di Uzbekistan

Sabtu, 23 Juli 2022 16:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Cabang olahraga angkat besi kembali mencatatkan prestasi membanggakan usai lifter mudanya, Rizki Juniansyah, berhasil mencetak rekor dunia di Uzbekistan.

INDOSPORT.COM – Cabang olahraga angkat besi kembali mencatatkan prestasi membanggakan usai lifter mudanya, Rizki Juniansyah, berhasil mencetak rekor dunia di Uzbekistan.

Angkat besi memang menjadi salah satu cabor kebanggaan Indonesia selain bulutangkis, karena hampir selalu membawa pulang prestasi dan mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga

Hal membanggakan itu kembali diraih oleh wakil Indonesia yakni Rizki Juniansyah selaku lifter muda kebanggaan Tanah Air yang bari mempertajam rekor dunianya.

Melansir dari Antara, Rizki Juniansyah menjadi salah satu peserta yang mengikuti kejuaraan dunia bergengsi Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022 di Tashkent, Uzbekistan.

Rizki Juniansyah yang merupakan atlet angkat besi kelas 73 kg asal Serang, Banten berhasil mempertajam rekor dunia untuk kategori angkatan Snatch pada Kamis (21/07/22) malam.

Baca Juga

Tlet muda kebanggaan Tanah Air itu melakukan angkatan Snatch pertama dengan 149 kg, kemudian 154 kg dan terakhir memecahkan rekor dunia baru dengan 157 kg.

Sementara untuk angkatan Clean & Jerk, Rizki mampu mengangkat 182 kg. Ia sempat mencoba 195 kg pada dua percobaan berikutnya guna pecahkan rekor dunia, tetapi belum berhasil.

Hasil ini pun membuat Rizki Juniansyah melakukan total angkatan Rizki seberat 339 kg di Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022.

Baca Juga

Sekadar informasi, rekor dunia angkatan Snatch sebelumnya dicetak oleh Rizki Juniansyah sendiri pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 di Heraklion, Yunani 6 Mei lalu.

Saat itu Rizki Juniansyah mencatatkan rekor Snatch dengan berat 156 kg. Begitu juga dengan rekor angkatan Clean & Jerk dengan berat 194 kg dan total angkatan 349 kg juga masih atas nama Rizki Juniansyah yang diraih di Uzbekistan 26 Mei 2021.


1. Indonesia Gondol Emas di Uzbekistan

Lifter_Rizki_Juniansyah atlet angkat besi Indonesia

Sementara itu, lima atlet angkat besi Indonesia yang unjuk kemampuan dan sukses mempersembahkan enam emas, 4 perak dan 5 perunggu di ajang Asian Youth & Junior Weightlifting Championship 2022.

Pencapaian ini membuat wakil Indonesia mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari Letjen TNI Purn Marciano Norman selaku Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Baca Juga

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya menyampaikan selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil membuat Indonesia bangga melalui prestasinya, menjadi juara sekaligus pecahkan kembali rekor dunia junior pada angkat besi kelas 73 kg putra,” ucap Marciano Norman.

“Saya juga sampaikan selamat kepada atlet lainnya yang telah berjuang dan meraih prestasi gemilang,” tambahnya, dilansir dari Antara.

Baca Juga

Tidak lupa Marciano juga berterima kasih kepada jajaran PB. PABSI yang dipimpin oleh Rosan Roeslani dan Sekjen Mayjen TNI Mar Purn Djoko Pramono.

Kemudian beserta jajarannya karena selalu berhasil mengantar atlet Indonesia mengibarkan Merah Putih disertai dikumandangkannya lagu Indonesia Raya pada setiap kejuaraan.


2. Lifter Indonesia Cetak Rekor Gila

Rahmat Erwin Abdullah memamerkan medali emas yang didapatkannya di kelas 73kg putra di SEA Games 2021 Vietnam, Sabtu (21/05). Foto: NOC INDONESIA/MP MEDIA/EVAN ANDRAWS

Cetak rekor fantastis di SEA Games 2021 cabang olahraga angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah mengaku tak bisa mengekspresikan perasaan hatinya.

Rahmat Erwin Abdullah sukses menjaga gelar juara angkat besi di kelas 73kg putra, sekaligus mempertajam rekor yang pernah ia catatkan di SEA Games 2019 Manila lalu.

Bertanding di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5/22), Rahmat seolah tak terbendung di antara para rival.

Baca selengkapnya: Cetak Rekor Gila di SEA Games, Rahmat Erwin Abdullah: Biasa Aja, Harusnya Bisa 200 kg

Angkat BesiKejuaraan Dunia Angkat BesiRizki Juniansyah

Berita Terkini