x

NBA Awards: Russell Westbrook Terpilih Jadi MVP Musim Ini

Selasa, 27 Juni 2017 16:51 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder).

NBA Awards telah sukses diadakan untuk pertama kalinya. Acara ini diadakan pada Senin (26/06/17) malam di Basketball City, New York. Beberapa penghargaan diberikan untuk para pemain terbaik di masing-masing kategori berdasarkan voting. Rapper Drake bertugas menjadi pembawa acara.

Penghargaan paling prestisius tentu Most Valuable Player. Sebelumnya telah diumumkan ketiga nominasi kategori ini, yakni Russell Westbrook, Kawhi Leonards, dan James Harden. Uniknya, dari ketiga pemain ini tak ada yang membela Golden State Warriors, tim pemenang NBA musim ini.

Baca Juga

Selain MVP, ada beberapa penghargaan lain yang akan diberikan berdasarkan pilihan juri dan beberapa merupakan voting dari penonton di media sosial, seperti Best Style, Best Dunk, dan Best Block.

Bill Russell memenangkan Lifetime Achievment Award.

Ada juga penghargaan spesial untuk Bill Russell yang menerima Lifetime Achievement Award. Beberapa pemain Hall of Fame seperti Kareem Abdul-Jabbar, David Robinson, dan Shaquille O'Neal tampil di panggung untuk mempersembahkan penghargaan ini untuk Russell, yang memenangkan 11 kali kompetisi dan menjadi pelatih kulit hitam pertama NBA.


1. Most Valuable Player: Russell Westbrook

Russell Westbrook.

Point guard Oklahoma City Thunder ini terpilih sebagai pemain terbaik secara keseluruhan musim 2016/17. Ini merupakan kali pertama Russell Westbrook mendapat kehormatan sebagai MVP. 

Ia populer dengan torehan triple-double pemecah rekornya. Ia menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang mampu mencetak triple-double rata-rata di setiap pertandingan yang ia lakoni. Bahkan memecahkan rekor Oscar Robertson dengan mencatat 42 triple-double dalam satu musim.

Dari data ESPN, Westbrook mencatat rata-rata 31,6 poin; 10,7 rebounds; dan 10,4 assists di setiap pertandingan dan menjadi "nyawa" Thunder. Namun ia belum bisa membawa timnya melangkah jauh di kompetisi musim ini. Oklahoma City Thunder mentok di babak pertama play-off.

Data Diri
Tanggal Lahir: 12 November 1988
Posisi: point guard
Klub: Oklahoma City Thunder (2008-sekarang)
Prestasi: 6× NBA All-Star (2011–2013, 2015–2017), 2× NBA All-Star Game MVP (2015, 2016), NBA MVP (2017)


2. Defensive Player of the Year: Draymond Green

Draymond Green.

Draymond Green menghentikan dominasi Kawhi Leonard yang memenangkan penghargaan sebagai Pemain Bertahan Terbaik selama dua musim berturut-turut. Di dua musim sebelumnya, Green hanya menjadi runner up.

The Mercury News menyebutkan bahwa Green membangun reputasinya sebagai pemain bertahan sejak tiga musim lalu. Sebelum itu, ia hanya duduk di bangku cadangan. Namun cedera yang diderita David Lee pada 2014, membuat Green mendapat tempat di  starting line up Golden State Warriors.

Golden State menyelesaikan musim ini dengan rating pertahanan nilai 101,9, kedua terbaik di kompetisi dan Green menjadi salah satu kuncinya.

Data Diri
Tanggal Lahir: 4 Maret 1990
Posisi: power forward
Klub: Golden State Warriors (2012-sekarang)
Prestasi: 2× NBA champion (2015, 2017), 2× NBA All-Star (2016, 2017), Defensive Player of the Year (2017)


3. Rookie of the Year: Malcolm Brogdon

Malcolm Brogdon.

Malcolm Brogdon mengalahkan dua finalis lainnya, Joel Embiid dan Dario Saric, yang merupakan pemain Philadelphia 76ers. Ia mencatat rata-rata 4,2 assists dan 1,12 steals per laga dan membantu Bucks mencapai babak play-off.

Data Diri
Tanggal Lahir: 11 Desember 1992
Posisi: Shooting guard/Point guard
Klub: Milwaukee Bucks (2016-sekarang)
Prestasi: NBA Rookie of the Year (2017), NBA All-Rookie First Team (2017)


4. Coach of the Year: Mike D'Antoni

Mike D'Antoni.

Ini merupakan kali kedua Mike D'Antoni diganjar penghargaan sebagai Pelatih Terbaik. Sebelumnya ia menang pada 12 tahun lalu, tepatnya saat menangani tim Phoenix Suns. Kini ia sukses membawa Houston Rockets ke babak semifinal Konferensi Wilayah Barat.

Selain itu, ia juga memimpin Rockets dalam 55 kemenangan dan rekor 3-pointers di kompetisi musim ini. Sebelum mulai menangani Rockets sejak 2016, ia telah mengasuh 10 tim, baik sebagai kepala pelatih atau asisten, seperti Denver Nuggets dan LA Lakers.

NBAOklahoma City ThunderMike D'AntoniDraymond GreenRussell Westbrook

Berita Terkini