x

Hari Perempuan Internasional, Inilah 5 Pebasket Tercantik Tanah Air

Kamis, 8 Maret 2018 16:32 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Dewa Ayu Made Sriartha.

Tanggal 8 Maret, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day. Penetapan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional rupanya melalui proses yang cukup panjang. Bahkan proses ini dimulai sejak lebih dari 100 tahun lalu.

Dikutip dari situs resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), peringatan Hari Perempuan pertama kali dilakukan pada 28 Februari 1909 di New York, Amerika Serikat. Agenda ini diinisiasi oleh Partai Sosialis Amerika Serikat untuk memperingati setahun berlalunya demonstrasi kaum perempuan setahun sebelumnya di New York pada 8 Maret 1908.

Baca Juga

Proses tersebut terus berlangsung hingga akhirnya pada tahun 1975, PBB untuk pertama kalinya memperingati Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret. Sejak saat itulah pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. 

Di era modern ini, para perempuan di Indonesia pun juga sudah semakin banyak yang memiliki profesi. Salah satunya adalah profesi sebagai atlet. Banyak perempuan Indonesia yang sudah tak ragu untuk memilih karier sebagai atlet. 

Indonesia versus Thailand

Termasuk di olahraga basket, para wanita tak ingin kalah dengan pria untuk unjuk gigi dan meraih prestasi. Dan dari sekian banyak pebasket wanita di Indonesia, INDOSPORT mencoba merangkum 5 pebasket tercantik di Indonesia saat ini. 


1. Maria Selena

Maria Selena.

Kecantikan Maria Selena memang tak perlu diragukan lagi. Karena kecantikan dan kecerdasannya, Maria Selena terpilih menjadi Putri Indonesia 2011. Sebelum menjadi presenter seperti sekarang ini, Maria Selena merupakan pebasket profesional. 

Dara cantik berusia 27 tahun tersebut pernah tergabung bersama Surabaya Fever di kompetisi Woman National Basketball League Indonesia pada musim 2012/13. Dan setelah itu pada musim 2014/15 Maria Selena menjadi bagian dari Merah Putih Predators Jakarta. 


2. Agatha Olivia

Agatha Olivia.

Nama Agatha Olivia pertama kali terdengar pada tahun 2009 lalu di ajang DBL. Agatha saat itu menjadi kapten sekaligus bintang dari SMA Lokon St.Nikolaus, Tomohon. 

Saat bermain di lapangan, Olivia selalu menjadi pusat perhatian karena kecantikan dan kepiawaiannya bermain basket. Terakhir, Agatha bermain di salah satu klub lokal Jakarta, Taman Harapan Indah. 


3. Dewa Ayu Made Sriartha

Ayu Sriartha.

Pebasket cantik yang sering disapa Ayu ini, pertama kali menaruh minat di olahraga basket karena menonton kakaknya bermain. Kini, Ayu merupakan salah satu penggawa dari tim Merpati Bali. 

Ayu juga merupakan salah satu penggawa Timnas Basket 3x3 Indonesia saat menjuarai Test Event Asian Games pada Desember 2017 lalu. Kala itu, Ayu dkk berhasil mengalahkan Malaysia di partai puncak. 


4. Yusranie Noory Assipalma

Ranie Palma.

Hampir sama seperti Maria Selena, Ranie Palma juga merupakan salah satu pebasket profesional yang mengikuti ajang kecantikan. Ranie Palma tercatat sebgai salah satu finalis Miss Indonesia 2016. 

Saat ini, Ranie menjadi salah satu penggawa Merpati Bali dan rekan satu tim Dewa Ayu. 


5. Helena Tumbelaka

Helena Tumbelaka.

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Helena Tumbelaka. Helena tumbelaka yang bertinggi 164 cm dan kini berusia 25 tahun pernah membela panji Merah Putih Predators Jakarta.

Dara cantik ini juga membawa nama DKI Jakarta di ajang PON. Kini, Helena menjadi salah satu penggawa Merpati Bali dan memakai nomor punggung 57. 

WNBLMaria SelenaWomen's Indonesian Basketball League (WIBL)Basket 3x3

Berita Terkini