x

Wijaya Saputra: Arti Basket dan Kedekatannya dengan Gisella Anastasia

Minggu, 21 April 2019 16:00 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Isman Fadil
Pebasket Indonesia, Wijaya Saputra

INDOSPORT.COM - Lahir di Jakarta, 25 Januari 1985, mantan pebasket ternama Indonesia Wijaya Saputra atau yang kerap disapa Wijin ini namanya memang tidak asing bagi para pencinta basket Indonesia. 

Namun,  semenjak menjalin kasih dengan seorang penyanyi papan atas Agnes Monica, nama Wijin pun akhirnya juga dikenal oleh khalayak luas,  bukan hanya sebagai pebasket tetapi juga seorang selebriti. 

Putus dari Agnes Mo,  mantan bintang CLS Knights ini tiba-tiba kembali muncul dan menjadi perbincangan heboh di tengah masyarakat lantaran mempunyai hubungan spesial dengan penyanyi Gisella Anastasia, yang kala itu baru saja cerai dari sang mantan suami, Gading Marten.

Baca Juga

Lebih dikenal khalayak luas dengan berbagai lika-liku kisah asmaranya, bagaimana sebenarnya perjalanan karier Wijin dari awal hingga memutuskan pensiun di usia yang ke-31 pada tahun 2016? dan apa tanggapannya secara pribadi terkait banyaknya ocehan miring dari para netizen terkait hubungannya dengan kekasihnya yang sekarang,  Gisella Anastasia? 

Untuk itu,  secara khusus kepada INDOSPORT.com Wijin pun menceritakan perjalanan kariernya,  arti Basket untuk dirinya,  serta prinsip yang ia pegang teguh dalam hidupnya. Berikut kisah yang dituturkan Wijaya Saputra.


1. Arti Basket dan Perjalanan Karier seorang Wijaya Saputra

Wijaya Saputra jalani pemanasan sebelumnya main

INDOSPORT : Halo Wijin,  Apa kabar?  Bisa dimulai nih ngobrol-ngobrolnya? 

Wijaya Saputra: Oh iya baik,  boleh-boleh,  gimana? 

INDOSPORT: Oke,  untuk pertanyaan pertama,  apa sih arti Basket untuk Wijin secara pribadi? 

Baca Juga

Wijaya Saputra: Hmm.. Basket itu adalah setengah dari hidup saya.  Selama berpuluh-puluh tahun, saya memulainya dari kecil,  tepatnya kelas 6 SD di klub kecil di kawasan Jakarta Barat. Demi latihan, saya naik sepeda dari rumah dan ikut bayar iuran perbulan sampai akhirnya saya bisa ikut gabung di tim sekolah. 

INDOSPORT: Lalu, prestasi pertama apa yang didapatkan, dan bagaimana perjalanan karier setelah itu? 

Wijaya Saputra: Nah,  semenjak itu tim saya jadi langganan juara se-Jakarta Barat,  mulai dari SMP hingga SMA, dan disitulah saya akhirnya naik ke Liga Basket Mahasiswa (LIBAMA) pada tahun 2005-2007 dan berlanjut ke liga professional, NBL Indonesia dan masuk CLS knight tahun 2007, dan Stadium Happy 8 (yang berganti nama menjadi Stapac Jakarta) di tahun 2014 hingga pensiun di 2016, begitu.


2. Masa Pensiun Wijaya Saputra

Wijaya Saputra saat liburan di salah satu tempat

INDOSPORT : Setelah memutuskan pensiun, langsung vakum dari Basket ya? 

Wijaya Saputra: Iya betul,  ketika memutuskan pensiun tahun 2016, saya vakum basket dan langsung belajar melanjutkan usaha papa. Kemudian setahun kemudian,  kan dulu sempat menjalani hubungan LDR dengan kekasih yang sebelumnya (Agnez Mo) dan sempat bolak-balik Amerika kan capek juga,  akhirnya memutuskan gimana kalau stay di sana saja.

INDOSPORT: Bisa dikatakan sekarang sebagai pengusaha ya? Lalu,  ketika di Amerika apa saja kegiatannya? 

Wijaya Saputra: Iya bisa,  hahaha.  Oh iya,  waktu itu ada rekruitmen di Kementrian Luar Negeri,  dan saya apply untuk menjadi Local Staff bagian Sosial Budaya dan Imigrasi. Lalu setelah melalui proses panjang,  ternyata saya diterima dan ditugaskan di Konsulat Jenderal Indonesia untuk Amerika di Los Angeles,  dan November 2018 saya mengajukan surat resign dan Januari 2019 terhitung sudah dua tahun dan selesai kontraknya. 

INDOSPORT: Setelah pensiun masih aktif main basket nggak? Kalau iya, kapan dan sama siapa? 

Wijaya Saputra: Untuk aktif di Basket sendiri saya sekarang sedang join di komunitas West-Bandits di Jakarta Barat. Kebetulan ketua komunitasnya teman saya dari kecil,  dan waktu itu saya diminta untuk bantu memajukan komunitas tersebut. Saya bilang, kenapa nggak?

INDOSPORT: Ada pikiran untuk menjadi seorang pelatih basket nggak sih?

Baca Juga

Wijaya Saputra: Nggak,  nggak ada niatan untuk menjadi pelatih. Tapi, kalau diminta untuk sharing soal bermain basket dengan fundamental dan teknik yang benar seperti Coaching Clinic lah ya? Saya siap.

INDOSPORT: Tiga tahun pensiun,  masih suka main sama anak-anak CLS Knights atau Stadium 8?

Wijaya Saputra: Belum ada ya,  tapi kemarin saya sempat mampir ke DBL academy dan ketemu terus main basket sama Dimaz Muharri (Mantan pemain CLS Knights). Kemarin saya juga nonton home game CLS di Surabaya untuk ABL.  Di West Bandits juga saya suka main sama pemain pro seperti Ronaldo Sitepu, Stefan Carsera, Bona Siregar, dan banyak lah, jadi seperti reunian sama teman-teman lama di NBL.


3. Gosip dan Sensasi

Wijaya Saputra dan Gisel

INDOSPORT: Kembali muncul ke publik dan langsung jadi perbincangan masyarakat,  ada rasa kesal nggak sih?

Wijaya Saputra: Sekarang gini, kalau kesal jujur aja sih nggak. Yang membicarakan hal-hal tersebut kan bukan saya dan yang membuat sensasi ya mereka (para haters) sendiri,  jadi ya saya nggak masalah. 

INDOSPORT: Sebagai orang yang besar sebagai atlet, nyaman nggak lebih dikenal sebagai kekasih selebriti oleh khalayak? 

Wijaya Saputra: Saya paham ruang lingkup basket di Indonesia tuh masih kecil nggak seperti sepak bola.  Jadi,  saya nggak mau nanggepin itu terlalu serius.  Prinsip saya begini,  selama kita berbuat baik,  walaupun mereka nggak melihat kebaikan tersebut tapi pasti hasilnya juga baik. 

INDOSPORT:  Keluarga ada masalah nggak dengan gosip miring yang beredar terkait hubunganmu dengan Gisella?

Wijaya Saputra: Kalau keluarga saya sih nggak ada masalah, santai banget dan mereka kalau dengar kabar apa-apa langsung minta klarifikasi ke saya.  Itu sih yang saya senang dan syukuri. 

INDOSPORT: Apa pandangan Wijin terkait netizen dan haters yang berkomentar kasar dan jahat? 

Baca Juga

Wijaya Saputra: Biarlah mereka yang berasumsi apa. selama Sayanya baik, ya Saya nggak peduli orang mau jahatin saya atau gimana. Saya nggak pernah baca komentar, males.  Saya tau,  banyak yang mau mancing emosi saya dengan omongan yang jahat-jahat banget,  ya biarkan saja nanti mereka juga capek sendiri. 

INDOSPORT: Sekarang sering tampil di televisi untuk membicarakan hubungan dengan Gisella, apa pesan yang ingin disampaikan?  apa nggak takut semakin terganggu dengan omongan orang? 

Wijaya Saputra: Nggak, kalau saya terganggu itu artinya saya takut dengan mereka.  Saya juga diundang kan nanya dulu ke pasangan saya (Gisella) dan justru dia malah support. Saya juga lagi kerja sendiri, jadi waktunya fleksibel.  Kalau saya bisa,  kenapa nggak?

Terus Ikuti Perkembangan Berita Olahraga Seputar Sportainment Hanya di INDOSPORT.COM

Wawancara KhususWijaya SaputraBasketBerita TransferSportainmentGisella Anastasia

Berita Terkini