x

Apa Kabar Jerry West, Legenda LA Lakers yang Jadi Ikon di Logo NBA

Senin, 6 April 2020 20:16 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Arum Kusuma Dewi
Legenda NBA, Jerry West.

INDOSPORT.COM - Eks Legenda LA Lakers, Jerry West pasti tak asing untuk pecinta bola basket NBA. Sebab, West adalah sosok yang ada di balik logo NBA dan ia adalah salah satu eksekutif top di liga.

Bernama asli Jerome Alan West, pria yang saat ini sudah menginjak usia 81 tahun tersebut memulai karier di NBA ketika mengikuti Draft 1960. Ia dipilih oleh Minneapolis Lakers yang kemudian pindah tempat ke Los Angeles.

Sepanjang kariernya di NBA, Jerry West hanya bermain untuk LA Lakers. Ia juga membawa kesuksesan besar untuk Lakers dengan masuk sembilan kali NBA final. Sayang, West hanya mampu mempersembahkan satu gelar juara NBA pada tahun 1972.

Baca Juga
Baca Juga

Walau demikian, West patut diberikan apresiasi. Pasalnya, ia adalah satu-satunya pemain yang mendapatkan gelar MVP di Finlas, meski timnya kalah. Itu terjadi ketika Lakers kalah dari Boston Celtics di NBA Finals 1969.

Selama kariernya di NBA bersama Lakers, West memiliki segudang prestasi di level individual. Nyatanya, West terpilih dalam 14 kali beruntun di tim NBA All-Star. Ia juga menjadi pencetak angka terbanyak di edisi NBA Finals dengan 1.679 poin.

West sendiri akhirnya pensiun di NBA setelah 14 tahun berkarier, tepatnya pada 1974. Berkat segudang prestasi yang ia raih saat masih aktif bermain di NBA, West dinobatkan masuk Hall of Fame pada tahun 1979 dan jersey nomor 44 miliknya dipensiunkan oleh Lakers pada 1983.

Setelah pensiun, West ternyata masih setia dengan Lakers. Pada musim 1976/1977, West menjadi pelatih Lakers dan memimpin tim selama tiga tahun. Pencapaian terbaik West yakni masuk final Wilayah Barat pada tahun 1977.

Kemudian, West sempat bekerja menjadi pencari bakat dan akhirnya ia diangkat menjadi manajer umum Lakers sebelum musim 1982/83. Ketika menjadi manajer umum Lakers, West sukses membawa kejayaan besar bagi Lakers.

West juga menjadi sosok yang berhasil menggaet Kobe Bryant dan menduetkannya bersama Shaquille O'Neal di Lakers. Ia juga membangun pondasi tim juara dengan mendatangkan pelatih Phil Jackson. Akhirnya hal itu berbuah manis ketika Lakers juara tiga musim beruntun pada 2000 hingga 2002.

Butuh tantangan baru, West akhirnya beralih menjadi manajer umum di Memphis Grizzlies. Walau tak sehebat di Lakers, West mampu mengubah Grizzlies menjadi tim yang bisa lolos ke babak playoff.

West sendiri juga salah satu sosok eksekutif di balik kesuksesan Golden State Warriors. Saat ia masih menjadi eksekutif, Warriors sukses meraih dua juara di musim 2015 dan 2017.

Lalu, ia kembali melanjutkan tantangan baru. Pada 2017 West pergi ke LA Clippers sebagai anggota dewan eksekutif. Berkat dirinya, Clippers kini memiliki duet mengerikan dalam diri Kawhi Leonard dan Paul George.

Baca Juga
Baca Juga

Selain kesuksesannya itu, West adalah sosok yang populer di NBA. Pasalnya, sosok siluet di logo NBA sendiri diambil dari foto West ketika dirinya masih aktif bermain basket. Hal itu diakui oleh Alan Siegel dan Robert Gale yang menggarap logo NBA.

Ketika melihat foto West, Siegel langsung kemudian mendapatkan inspirasi. Menurutnya, foto West itu tampak dinamis, berposisi vertikal dan merepresentasikan esensi permainan di NBA.

Sementara itu, saat masih aktif bermain membela LA Lakers, West total menyumbangkan 25.192 poin, 5.366 rebound, dan 6.238 assists.

Berdasarkan sumbangsihnya terhadap dunia basket di AS, Jerry West pun menerima penghargaan dari Presiden Donald Trump langsung, yakni Presidential Medal of Freedom pada 2019 silam.

Hingga kini, Jerry West juga masih aktif menonton langsung pertandingan NBA. Terakhir, ia hadir di laga Los Angeles Clippers vs Philadelphia 76ers di Staples Center, 1 Maret lalu.

NBALos Angeles ClippersLos Angeles LakersGolden State WarriorsMemphis GrizzliesJerry WestBasketBerita Basket

Berita Terkini