x

Ada Kobe dan Harden, 5 Transfer Paling Jomplang dalam Sejarah NBA

Minggu, 24 Mei 2020 18:45 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Sejumlah transfer NBA dinilai jomplang karena 1 klub mendapatkan bintang tapi klub satunya menerima pemain medioker, seperti kasus Kobe Bryant dan James Harden.

INDOSPORT.COM – Sejumlah transfer NBA dinilai jomplang karena 1 klub mendapatkan bintang tapi klub satunya menerima pemain medioker, seperti kasus Kobe Bryant dan James Harden.

Bursa transfer perpindahan pemain di NBA biasanya melibatkan pertukaran. Seorang pemain dari satu klub bisa pindah ke klub lain dengan ditukar dengan satu atau lebih pemain lain, atau ditukar dengan jatah pilihan di NBA Draft tahun berikutnya.

Namun tidak jarang pertukaran ini dinilai tidak seimbang atau jomplang. Kasus ini biasanya terjadi ketika seorang pemain bintang, atau yang ternyata nantinya menjadi bintang, ternyata hanya ditukar dengan pemain kelas medioker.

Baca Juga
Baca Juga

Berikut ini 5 transfer paling jomplang dalam sejarah NBA:

5. James Harden

Tak puas menerima status sixth man di Thunder, James Harden akhirnya hijrah ke Rockets untuk ditukar dengan Kevin Martin dan Jeremy Lamb. Bersama Rockets, Harden membuktikan kepantasannya tampil sebagai starter sedangkan Martin dan Lamb justru tampil mengecewakan di Thunder.

4. Charles Barkley

Tahun 1992, 76ers membuat keputusan mengejutkan dengan melepas Barkley yang sedang dalam performa puncak ke Suns untuk ditukar dengan Jeff Hornacek.  Suns kemudian lolos ke NBA Finals dan Barkley menjadi MVP, sedangkan 76ers justru terpuruk di papan bawah.

3. Kareem Abdul-Jabbar

Meski berhasil membawa mereka juara NBA, Bucks justru melepas Abdul-Jabbar ke Lakers untuk ditukar dengan Junior Bridgeman dan Elmore Smith. Transfer itu terbukti membawa keuntungan bagi Lakers yang kemudian meraih 5 gelar juara bersama Abdul-Jabbar sedangkan Bucks tak pernah lagi jadi juara.

Baca Juga
Baca Juga

2. Scottie Pippen

Kedatangan Pippen ke Bulls rupanya diiringi kepindahan Olden Polynice yang hanya memiliki rataan 5 poin per gim ke Supersonics. Sementara itu, Pippen menjelma menjadi salah satu bintang Bulls yang membantu mereka meraih 6 gelar juara NBA.

1. Kobe Bryant

Charlotte Hornets berhasil mendapatkan Kobe Bryant pada NBA Draft 1996, tapi memutuskan menukarnya dengan bintang Lakers, Vlade Divac. Bersama klub yang bermarkas di Los Angeles pun Kobe sukses meraih 5 cincin juara dah menahbiskan dirinya sebagai legenda.

NBAKobe BryantLos Angeles LakersChicago BullsJames HardenCharles BarkleyScottie PippenKareem Abdul-JabbarTRIVIABasketBerita Basket

Berita Terkini