x

4 Tips Jitu Punya Smash Kilat Mirip Kevin Sanjaya

Senin, 18 Mei 2020 14:20 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pebulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo terkenal dengan smash kilatnya yang bikin lawan mati kutu.

INDOSPORT.COM - Nge-fans dengan salah satu ganda putra kebanggan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo? Rekan Marcus Gideon ini terkenal dengan smash kilatnya yang sering bikin kita terpana.

Masih lekat diingatan, smash balerina yang pernah ia buat di final Malaysia Masters 2019. Kevin secara tiba-tiba membalas umpan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan backhand keras sambil berputar.

Belum lagi, daftar smash-smash keras berkecepatan tinggi yang kerap dipamerkanya di banyak turnamen bulutangkis. Membicarakan kemampuan bermain atlet asal Banyuwangi, Jawa Timur ini jelas tak akan ada habisnya.

Baca Juga
Baca Juga

Nah, meski bukan atlet bulutangkis profesional, sobat INDOSPORT juga bisa lho punya smash kilat mirip Kevin Sanjaya. Mudah kok, cukup ikuti empat tips berikut ini.

Latihan Fitnes

Fitnes adalah salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan menciptakan bentuk tubuh atletis. Jika ingin melakukan smash, apalagi yang kilat seperti Kevin Sanjaya, kita tentu harus melatih kekuatan bahu.

Salah satunya dengan fitnes sederhana, tak perlu ngoyo atau yang berat-berat, cukup lakukan push-up 20 kali selama 3 set setiap harinya.

Selain bahu, kekuatan otot kaki juga harus dilatih dengan baik agar bisa jadi tumpuan andal ketika melakukan smash. Latihan-latihan macam lunges, burpees , dan kangaroo jumps pun bisa jadi pilihan.

Latihan Memukul Kok

Sangat tak lucu kan, ingin melakukan smash tapi memukul kok saja tak bisa? Nah, supaya bisa punya smash kilat mirip Kevin Sanjaya, pastikan kegiatan ini masuk agenda latihan sobat INDOSPORT.

Tentu, tak ada hasil yang akan mengkhianati usaha. Dengan rajin dan rutin berlatih, kemampuan memukul kok pasti akan terus meningkat dari hari ke hari.

Salah satu variasi latihan yang bisa dilakukan adalah memukul kok mengenai garis atau titik tertentu. Selain melatih akurasi pukulan, metode ini juga akan melatih fokus serta konsentrasi kita.

Lakukan 50 half smash selama 3 set, lima kali seminggu. Namun hal terpenting dalam latihan ini pada dasarnya adalah membuat diri senyaman mungkin saat memukul kok.

Ibaratnya, berteman baiklah dengan si kok hingga sobat INDOSPORT bisa memukulnya ke mana saja dengan leluasa. Setelah mencapai level tersebut, mulailah berlatih melakukan full smash.

Jaga Asupan Bernutrisi

Apalah arti latihan keras tanpa diimbangi nutrisi dan asupan yang bermanfaat bagi tubuh? Saat ini, banyak orang yang terlampau asyik berolahraga tapi lupa menjaga apa yang ada dalam tubuhnya.

Dengan nutrisi dan vitamin yang cukup, niscaya tubuh juga akan kooperatif dengan beban latihan kita, entah itu ringan, sedang, maupun berat. Pastikan juga tubuh terhidrasi dengan baik.

Minum YUZU Isotonic

Minuman segar yang kaya akan vitamin C dan ekstrak buah Yuzu ini bisa jadi solusi menjaga cairan tubuh.

Cairan tubuh sendiri memang terus berkurang ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari seperti bekerja, jalan kaki, berlari, dan olahraga. Bila terus kekurangan cairan, tubuh secara otomatis juga akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi tentu akan menghambat aktivitas olahraga kita karena cairan tubuh keluar dalam porsi yang tak semestinya. Oleh karena itu, minuman isotonik diperlukan untuk membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Apa sih isotonik? Isotonik merupakan minuman yang punya konsentrasi seimbang antara garam dan mineral yang bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Hal ini dapat sobat INDOSPORT temukan di YUZU Isotonic.

Baca Juga
Baca Juga

YUZU Isotonic, dengan kandungan 7 ION Utama lengkap bisa jadi pengganti cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas. Prosesnya pun lebih cepat karena peran buah Yuzu dengan 3x vitamin C yang dimilikinya.

Buah Yuzu sendiri merupakan sejenis citrus atau jeruk dengan perpaduan rasa manis dan asam yang unik.

Tak sembarangan, buah berwarna kuning yang populer di Jepang dan Korea ini hanya dapat dipanen saat musim dingin dan mengandung vitamin C 3x lebih banyak dari lemon.

Ekstrak buah Yuzu pun membuat YUZU Isotonic terasa lebih enak dan menyajikan sensasi berbeda dari minuman isotonik lainnya.

Nah, bagaimana sobat INDOSPORT, masih semangat berlatih agar punya smash kencang nan kilat seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo? Giat latihan boleh, tapi tetap jangan lupa jaga cairan tubuh, ya.

Satu lagi, jangan lupa pula selalu jaga kesehatan, ya!

IndonesiaKevin SanjayaBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler