x

Bukan Cuma Kevin Sanjaya, Ini 3 Pebulutangkis Indonesia dengan Skill Unik

Minggu, 17 Mei 2020 19:24 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Sebagai salah satu negara bulutangkis dunia, Indonesia memiliki banyak pebulutangkis yang memiliki kemampuan istimewa

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu negara bulutangkis dunia, Indonesia memiliki banyak pebulutangkis yang memiliki kemampuan istimewa

Kevin Sanjaya Sukamuljo merupakan pebulutangkis ganda putra Indonesia yang memiliki skill tak biasa. 

Kevin Sanjaya memang dikenal sebagai salah satu pebulutangkis tercepat yang ada di dunia. Pemain manapun pasti setuju kalau sergapan-sergapan Kevin Sanjaya di depan net selalu sulit untuk diantisipasi.

Aksi dari pebulutangkis Kevin Sanjaya itu pun pernah mendapat sanjungan dari komentator asing yang menyebut dirinya sebagai pemain yang sangat-sangat berbahaya di depan net. 

Baca Juga
Baca Juga

Kevin pun dikenal luas oleh fans bulutangkis Indonesia dengan julukan 'Si Tangan Petir' karena kecepatan respons pukulannya di depan net. 

Ternyata Kevin bukan satu-satunya pebulutangkis Tanah Air yang memiliki kemampuan istimewa. Selain Kevin, ada tiga pebulutangkis Indonesia yang juga memiliki skill unik. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Sigit Budiarto

Mantan pebulutangkis ganda putra Indonesia, Sigit Budiarto, diketahui memiliki kemampuan yang unik saat bertanding. 

Sigit kerap menunjukkan aksi akrobatik ketika menepok shuttle cock. Aksi ini bahkan melekat terus pada dirinya. 

Sigit cukup sering mempertontonkan pukulan-pukulan akrobatik ini di tiap laga yang dijalaninya. Sebagai contoh, ia biasa memukul shuttle cock dari sela kedua kakinya atau dari punggung. 

Skill unik ini diimbangi dengan prestasi hebat yang digapainya. Semasa berpasangan dengan Candra Wijaya, Sigit di antaranya pernah meraih medali emas Kejuaraan Dunia (1997), All England (2001, 2003), dan 3 Piala Thomas.  

2. Taufik Hidayat

Bukan rahasia umum jika Taufik Hidayat adalah pemain bertipe flamboyan. Salah satu skill yang paling dikenal dari Taufik adalah backhand smash

Taufik kerap mempertontonkan aksi backhand smash-nya dalam pertandingan-pertandingan kompetitif

Seringkali Taufik mendapatkan poin dari backhand smash. Pukulan backhand smash memang  efektif lantaran membuat musuh sulit menebak arah bola. 

Selain gaya backhand, Taufik juga dikenal luas sebagai pemain dengan smash-smash yang kencang. Salah satu backhand smash-nya di tahun 2006 memecahkan rekor sebagai backhand smash tercepat di dunia yang mencapai 206 km/jam. 

3. Hendra Setiawan

Ganda putra legendaris Indonesia, Hendra Setiawan, juga dikenal memiliki kemampuan yang istimewa. Keunggulan yang dimiliki Hendra Setiawan adalah kemampuannya menempatkan bola. 

Baca Juga
Baca Juga

Drop shot yang dimiliki Hendra dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Peraih medali emas olimpiade dan tiga Kejuaraan Dunia ini siap menjadi pemecah kebuntuan ketika partnernya tak bisa mematikan lawan dengan smash

Hendra SetiawanKevin SanjayaTaufik HidayatSigit BudiartoTRIVIABulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini

Berita Terpopuler