x

Apa Kabar Oscar Robertson? Orang Pertama yang Cetak Statistik Triple-Double dalam Semusim

Jumat, 17 Juli 2020 00:05 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM - Oscar Palmer Robertson merupakan legenda NBA yang memiliki karier cemerlang. Dia dikenal sebagai pemain serbabisa saat masih aktif bermain.

Oscar Robertson hanya bermain untuk dua tim NBA, yakni Cincinnati Royals (saat ini Sacramento Kings) dan Milwaukee Bucks selama karier profesionalnya.

Selama itu, pemain yang memiliki julukan 'Big O' tersebut berhasil meraih banyak prestasi baik individu maupun tim. Oscar Robertson sendiri masuk NBA setelah dipilih Cincinnati Royals pada 1960.

Baca Juga
Baca Juga

Di tahun pertamanya, Robertson sudah tampil menggila dengan catatan 30,5 poin, 10,1 rebound, dan 9,7 assist per pertandingan. Alhasil ia meraih penghargaan rookie of the year pada 1961.

Berpostur tinggi besar, Oscar Robertson ternyata memiliki posisi sebagai point guard. Ia merupakan point guard bertubuh besar jauh sebelum masa Magic Johnson.

Robertson pun merupakan pemain serbaguna yang bisa mencetak skor, memberikan assist, dan handal dengan rebound. Ia bisa menjadi standar kehebatan di NBA.

"Seberapa bagus di (Robertson) Dia begitu hebat hingga membuat ku takut," ucap mantan pelatih legendaris Boston Celtics, Red Auerbach dikutip dari nba.com.

Oscar Robertson sendiri bermain selama 10 tahun bersama Royals. Sayangnya, ia belum merasakan menjadi juara dengan Royals dan akhirnya pindah karena hubungannya retak dengan pelatih Bob Cousy.

Baca Juga
Baca Juga

Hingga akhirnya membuat Big O minta pindah dan Royals mengirimnya ke Milwaukee Bucks pada 1970. Nah, di musim pertama bersama Bucks Robertson akhirnya mendapatkan cincin juara NBA pertama dan satu-satunya.

Selain menyabet satu kali gelar juara, Oscar Robertson memiliki segudang prestasi individu seperti menjadi MVP NBA pada 1964. Big O juga bermain 12 kali di NBA All-Star serta enam kali menjadi assist leader.


1. Tuan Triple-Double

Oscar Robertson legenda NBA.

Di NBA era sekarang, nama Russell Westbrook bisa dibilang sebagai pemain yang sering membuat catatan triple-double. Namun, jauh sebelum Westbrook, Robertson sudah lekat dengan statistik triple-double.

Dalam sejarah NBA, Oscar Robertson memuncaki daftar pemain pencetak triple-double terbanyak. Pria yang saat ini berusia 81 tahun itu sudah mencatatkan 181 triple-double semasa kariernya.

Bahkan Oscar Robertson menjadi orang pertama yang berhasil mencatatkan statistik triple-double dalam semusim. Catatan itu dibuatnya pada tahun keduanya di NBA 1961-1962.

Pada musim itu, Oscar Robertson mencatatakan rata-rata 30,8 poin, 12,5 rebound, dan 11,4 assist. Statistik itu bertahan selama lebih dari 50 tahun dan baru disamai oleh Russell Westbrook edisi 2016-2017.

Oscar Robetson sendiri pensiun dari NBA pada tahun 1974. Berkat performa luar biasanya, nomor punggung 14 miliknya dipensiunkan Royals, sedangkan Bucks memensiunkan nomor 1 milik Big O.

Robertson pernah menjadi sorotan saat ia menjabat sebagai presiden asosiasi presiden pemain. Pada 1970 ia menggugat NBA tentang draft dan klausul pemain yang membatasi perpindahan pemain.

Akhirnya gugatan itu sendiri selesai pada 1976. Hasilnya adanya perubahan terkait aturran free agent. Perubahan itu yang kini bisa dinikmati oleh pemain NBA saat ini.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah pensiun, Robertson menjadi pengusaha dan fokus berbisnis di bidang konstruksi dan manufaktur. Selain itu, ia juga seseorang dengan jiwa sosial tinggi.

Dilansir situs resmi NBA, Robertson bekerja memperbaiki kondisi kehidupan orang Afrika-Amerika di kota asalnya, Indianapolis. Ia juga aktif dalam isu rasisme dan mengkritik kebijakan sosial yang berdampak buruk bagi kaum minoritas.

Sementara itu, selama 14 tahun berkarier di NBA, Robertson mencetak 26.710 poin, 7.804 rebound, dan 9.887 assist.

NBAMilwaukee BucksSacramento KingsBasketApa KabarBerita Basket

Berita Terkini