x

Apa Kabar Derek Fisher, Tandem Favorit Kobe Bryant di LA Lakers?

Senin, 30 November 2020 15:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Para pencinta olahraga basket khususnya NBA mungkin tak asing dengan nama legenda Los Angeles Lakers, Derek Fisher. Mendiang Kobe Bryant, pernah menyebut Fisher sebagai rekan favoritnya di Lakers.

Kobe dan Fisher sama-sama datang di Lakers sebagai rookie 24 tahun yang lalu. Saat itu, Fisher berstatus pilihan Lakers yang ke-24 di angkatan 1996. Sejak itu, kedua pemain ini menjadi sahabat erat di dalam dan luar lapangan.

Baca Juga
Baca Juga

Selama 12 tahun bersama Lakers dalam dua periode, Fisher menjadi juara NBA sebanyak lima kali, yakni pada 2000–2002, 2009, 2010. Menariknya, Kobe Bryant tak bisa membawa timnya menjadi juara NBA ketika tak bermain bersama Derek Fisher.

Di musim 2004, Fisher menandatangani kontrak bersama Golden State Warriors sebelum di-trade ke Utah Jazz. Namun pada 2007, ia minta dikeluarkan dari kontrak karena ingin fokus merawat sang putri yang sakit. Kemudian ia kembali ke Lakers dan meraih dua gelar NBA bersama Kobe dan Phil Jackson.

Salah satu pemain top di masanya, Fisher juga mencatat penampilan terbanyak di playoff NBA, sebelum rekor ini dipecahkan LeBron James di musim 2020 lalu.

Fisher juga dikenal dengan penampilan yang menjadi salah satu momen terbaik di sejarah playoff NBA, yakni tembakan 0,4. Di Game 5 Semifinal Konferensi Wilayah Barat antara Lakers dan juara bertahan San Antonio Spurs, Fisher membawa Lakers menang 74-73 ketika timnya tertinggal satu poin dengan waktu 0,4 detik tersisa.

Selepas bermain untuk Lakers, point guard berjulukan D-Fish ini juga pernah mengabdi di tim Oklahoma City Thunder dan Dallas Mavericks.

Baca Juga
Baca Juga

Musim 2013/14 menjadi musim terakhir Derek Fisher sebagai pemain ketika kembali gabung Thunder. Saat itu, ia membantu Thunder mencapai Final Konferensi Wilayah Barat sebelum takluk di tangan San Antonio Spurs.


1. Kabar Terbaru Derek Fisher

Derek Fisher menjadi pelatih klub WNBA, Los Angeles Sparks.

Setelah pensiun usai 18 tahun bermain di NBA, Derek Fisher tak punya banyak waktu untuk berleha-leha. Ia langsung dikontrak sebagai pelatih kepala ke-26 klub New York Knicks pada 10 Juni 2014.

Hubungan dekat dengan sang presiden klub, Phil Jackson, membuat Fisher tak ragu-ragu untuk menerima pinangan Knicks dan meneken kontrak lima tahun senilai 25 juta dolar AS (352 miliar rupiah).

Baca Juga
Baca Juga

Fisher melakoni debut sebagai pelatihnya di laga pembuka musim 2014/15 Knicks melawan Chicago Bulls. Sayang, saat itu timnya kalah 80-104. Fisher mencatatkan kemenangan perdananya sebagai pelatih ketika Knicks mengalahkan Cleveland Cavaliers, 95-90. Knicks lantas menyudahi musim dengan rekor 17-65, catatan terburuk tim sepanjang sejarahnya.

Lalu di musim 2015/16, Fisher dipecat sebagai pelatih Knicks setelah mengalami sembilan kekalahan dari 10 game.

Pada 5 Desember 2018, Derek Fisher diangkat sebagai kepala pelatih tim bola basket wanita (WNBA), Los Angeles Sparks dan bertahan hingga kini. Di musim 2020 kemarin, LA Sparks berakhir di semifinal setelah kalah dari Connecticut Sun.

Bapak empat anak ini juga sering mondar-mandir di televisi sebagai analis sejak 2016. Ia pernah tampil di program Inside the NBA yang tayang di TNT dan juga pernah mengisi acara di NBA TV. Sejak musim NBA 2016/17, Fisher bergabung dengan Spectrum SportsNet sebagai analis untuk LA Lakers.

Baca Juga
Baca Juga

Derek Fisher memang tak bisa jauh-jauh dari Lakers. Dalam sejumlah laga, Fisher tampak hadir sebagai penonton virtual untuk menyaksikan kiprah LeBron James dkk ke tangga juara NBA musim lalu.

NBANew York KnicksKobe BryantLos Angeles LakersWNBADerek FisherBasketApa KabarBerita Basket

Berita Terkini