x

Apa Kabar Paul Pierce? Legenda Celtics yang Bikin Shaquille O'Neal Terpukau

Sabtu, 26 Desember 2020 18:35 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Paul Pierce saat masih aktif bermain untuk Boston Celtics.

INDOSPORT.COM – Para penggemar NBA, khususnya Boston Celtics barangkali masih ingat dengan pemain legenda bernama Paul Pierce. Apa kabarnya kini?

Paul Anthony Pierce memulai karier basketnya sejak terpilih pada NBA Draft 1998 oleh Boston Celtics, klub yang ia pandang rendah di masa remaja. Di tahun debutnya, ia mencatat rata-rata 16,5 poin per laga dan finish di urutan ketiga dalam pemilihan Rookie of the Year.

Baca Juga
Baca Juga

Di musim 2001/02, Pierce mulai menunjukkan aura kebintangannya. Ia memimpin Celtics ke babak playoff untuk pertama kalinya sejak tujuh tahun lalu dan ke Final Konferensi Wilayah Timur. Sejak 2002-2006, Pierce juga selalu terpilih masuk tim NBA All-Star.

Paul Pierce kemudian membawa Boston Celtics juara NBA pada 2008, sekaligus mendapat gelar MVP Finals.

Pemain kelahiran 1977 tersebut lalu pindah ke Brooklyn Nets dan Washington Wizards, masing-masing selama satu musim. Ia kemudian menandatangani kontrak tiga tahun bersama LA Clippers bernilai 10 juta dolar AS.

Namun pada 2017, Paul Pierce meneken kontrak seremonial bersama Boston Celtics untuk secara resmi pensiun bersama klub yang dibelanya selama 15 tahun itu. Klub lalu mengumumkan jersey Pierce akan dipensiunkan pada 11 Februari 2018. Ia pun menjadi pemain Celtics ke-23 yang mendapat kehormatan tersebut.

Dalam sebuah laga antara LA Lakers vs Bocton Celtics pada 13 Maret 2001, penampilan Paul Pierce membuat pemain legenda lainnya, Shaquille O’Neal, tercengang. Dalam laga tersebut, Pierce mencetak 42 poin meski akhirnya Celtics kalah 112-107.

Terpukau dengan penampilan sang rival, usai pertandingan O’Neal menarik seorang reporter Boston Herald bernama Steve Bulpett dan menyuruh si reporter untuk mencatat kata-katanya.

“Tulis ini. Nama saya Shaquille O’Neal dan Paul Pierce adalah ‘kebenaran’. Kutip itu dan jangan ada yang dihapus. Saya tahu dia bisa bermain, tapi saya tak menyangka dia sanggup bermain seperti ini. Paul Pierce is The Truth,” tutur Shaq.

Shaquille O’Neal yang akhirnya juga memperkuat Boston Celtics di musim 2010, pernah menyatakan bahwa Paul Pierce adalah salah satu pemain favoritnya di NBA, dalam sebuah wawancara yang dikutip Fadeaway World.

Paul Pierce juga pernah mengalami peristiwa mengerikan, yakni menjadi korban penusukan saat berada di kelab malam bernama Buzz Club, 25 September 2000. Ia ditusuk sebanyak 11 kali dan harus menjalani operasi paru-paru.

Kabar Terkini Paul Pierce

Akibat peristiwa nahas tersebut, pada 2018 silam Paul Pierce buka-bukaan bahwa ia harus berjuang melawan depresi dan trauma selama satu tahun setelah penusukan.

Ia kemudian memutuskan untuk berbagi soal perjuangannya ini sebagai bagian dari upaya NBA untuk menjaga kesehatan mental para pemainnya.

Setelah pensiun, Paul Pierce melanjutkan kiprahnya di dunia penyiaran. Ia bekerja sebagai analis di acara NBA Countdown yang tayang 30 menit sebelum laga di saluran televisi ABC dan ESPN.

Baca Juga
Baca Juga

Paul Pierce juga kerap memberikan komentarnya terhadap perkembangan NBA terkini. Salah satunya ia menyebut LeBron James sebagai point guard terbaik di NBA, saat ia tampil di acara bertajuk The Jump.

NBABoston CelticsShaquille O'NealPaul PierceBasketApa KabarBerita Basket

Berita Terkini