x

Selain Bucks, Ini 4 Tim yang Menjuarai NBA Usai Tertinggal 2 Game di Final

Kamis, 22 Juli 2021 06:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Milwaukee Bucks menjadi tim kelima sepanjang sejarah NBA yang berhasil menjadi juara kendati tertinggal dua gim di final. Lantas, siapa empat tim lainnya?

Milwaukee Bucks mencetak sejarah dengan menjuarai NBA untuk kali pertama sejak tahun 1971 atau menjadi gelar juara keduanya sejak berdiri.

Kepastian Bucks menjuarai NBA musim 2020-2021 terjadi di gim keenam usai mengandaskan perlawanan Phoenix Suns dengan skor 105-98.

Baca Juga
Baca Juga

Di gim keenam ini, Giannis Antetokounmpo menjadi bintang dengan mencetak hampir separuh total poin Bucks, yakni dengan 50 poin.

Milwaukee Bucks sejatinya sempat tercecer di kuarter kedua dengan tertinggal 18 poin. Namun, kemenangan di kuarter ketiga dan keempat memastikan Giannis dkk menjadi kampiun NBA musim ini.

Perjalanan Bucks di final NBA kali ini terbilang tak mulus. Sebab, di dua gim pertama, tim yang bermarkas di Winconsin ini selalu tumbang dan tertinggal dari Suns dengan skor 0-2.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, Bucks berhasil membalikkan keadaan di gim ketiga, keempat dan kelima hingga berbalik unggul sebelum memastikan gelar juara di gim keenam.

Sulit bagi tim NBA membalikkan keadaan tertinggal dua gim di laga final. Namun, Bucks membuktikan bisa masuk jajaran elit tersebut.

Selain Milwaukee Bucks, masih ada empat tim lain yang mampu membalikkan kekalahan dua gim di final NBA dan menjadi juara. Siapa saja mereka? Berikut rangkuman INDOSPORT dari berbagai sumber.


1. Comeback Usai Tertinggal 2 gim di Final NBA

LeBron James, saat memberikan Cleveland Cavaliers gelar juara.

1. Boston Celtics (1969)

Boston Celtics menjadi tim pertama yang mampu membalikkan kekalahan di dua gim final NBA meraih gelar juara.

Celtics yang kala itu dilatih Bill Russell sempat kalah tipis di dua gim awal dari Los Angeles Lakers dengan skor 118-120 di gim pertama dan 112-118 di gim kedua.

Di gim ketiga dan keempat, Celtics mampu membalas dua kekalahan di dua gim awal dengan skor 111-105 dan 89-88.

Di gim kelima, LA Lakers sempat kembali unggul. Namun, Celtics tampil dengan baik di gim keenam dan memastikan kemenangan di gim ketujuh dengan skor tipis 108-106.

2. Portland Trail Blazers (1977)

Portland Trail Blazers melanjutkan kisah heroik Boston Celtics di final NBA 1977 kala menghadapi Philadelphia 76ers.

Blazers mampu membalikkan keadaan tertinggal dua kekalahan di dua gim awal dan meraih gelar juara NBA.

Kisah Blazers di final NBA 1977 mirip dengan Milwaukee Bucks di 2021 ini di mana Blazers sempat tertinggal dua gim, dan memenangkan gelar berkat kemenangan di empat gim lanjutan.

3. Miami Heat (2006)

Sama seperti Blazers, Miami Heat juga memenangkan NBA di tahun 2006 berkat Comeback luar biasa kala melawan Dallas Mavericks.

Heat sempat tertinggal di dua gim awal dengan skor 80-90 dan 88-95. Di gim ketiga, Dwayne Wade dkk kala itu mampu membalas ketertinggalan di empat gim lanjutan hingga gim keenam sebelum memastikan kemenangan di markas Mavericks.

4. Cleveland Cavaliers (2016)

Lima tahun sebelum Comeback Bucks atas Suns, Cleveland Cavaliers juga melakukan Comeback luar biasa dengan mengalahkan Golden State Warriors.

Di final ulangan NBA 2015 ini, Cavaliers mampu membalaskan dendam atas Warriors dengan skor 4-3.

Roster Cavaliers kala itu, LeBron James, mampu menjadi aktor di balik keberhasilan Cavaliers membalaskan dendam tersebut.

Di dua gim awal, Cavaliers sempat takluk dari Warriors dan berhasil menyamakan skor di gim ketiga dan keempat.

Di gim kelima, Warriors kembali unggul sebelum dibalas Cavaliers di gim keenam. Lantas, di gim penentuan, Cavaliers memastikan kemenangan dan meraih gelar juara dengan skor 93-89.

NBAMiami HeatNBA FinalCleveland CavaliersMilwaukee BucksBoston CelticsPortland Trail BlazersGiannis AntetokounmpoBasketBerita Basket

Berita Terkini