x

PP Perbasi Rilis 8 Pemain Pilihan untuk Berlaga di SEA Games 2021

Minggu, 3 April 2022 19:11 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) merilis 8 roster untuk tampil di turnamen 3x3 di SEA Games 2021 pada Mei mendatang.

INDOSPORT.COM - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) merilis 8 roster untuk tampil di turnamen 3x3 di SEA Games 2021 pada Mei mendatang.

Ajang olahraga bergengsi se-Asia Tenggara, SEA Games 2021 akan digelar pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam.

Baca Juga

Indonesia akan mengirim wakilnya di SEA Games 2021 termasuk pada cabang olahraga basket. 

Dilansir dari Antara, Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) telah merilis nama para pemain atau roster yang bakal berlaga di SEA Games 2021. 

PP Perbasi merilis delapan pemain yang akan segera mengikuti pemusatan latihan (pelatnas) untuk timnas basket 3x3 di Sea Games 2021. 

Baca Juga

Dari delapan nama yang dirilis, tiga di antaranya merupakan pemain yang pernah membela timnas basket Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina. Mereka adalah Surliyadin, Sandy Ibrahim Aziz, dan Oki Wira Sanjay

Selain itu, PP Perbasi turut memanggil pemain naturalisasi Jamarr Andre Johnson, Kevin Moses Poetiray, Nickson Damara Gosal, dan dua pemain muda, Julian Chalias dan Dame Diagne.

Sementara itu, pemain naturalisasi lainnya, Lester Prosper, yang juga dipersiapkan untuk 3x3, dipastikan tidak dapat memperkuat timnas Indonesia di SEA Games tahun ini. 

Baca Juga

Hal ini dikarenakan sang pemain masih terikat kontrak dengan klubnya di Liga Taiwan sampai 8 Mei mendatang. 

Timnas bola basket Indonesia akan melakukan pemusatan latihan mulai 4 April hingga menjelang keberangkatan tim ke Vietnam pada 8 Mei.


1. Timnas Basket 3x3 Jalani TC dan Siap Try Out di Jepang

Logo Sea Games Vietnam.

Timnas basket 3x3 putra akan melakukan uji coba di Jepang, negara dengan lingkungan dan kondisi yang cuku mendukung 3x3. 

"Saya berharap try out ke luar negeri untuk mematangkan pemain. Jepang saya rekomendasikan menjadi negara tujuan karena memiliki atmosfer 3x3 lebih baik," ucap pelatih timnas 3x3, Ali Budimansyah.

Baca Juga

Ali menargetkan timnas akan berada di Jepang selama lima hari dengan potensi 8 kali pertandingan uji coba. 

Sebelum ke Jepang, timnas basket juga menggelar latihan bersama (TC) pada 4 April di tiga tempat yaitu GBK Arena, Bogor, dan Krakatau Steel. 

"Semua personel di tim harus bekerja keras dan maksimal untuk mempersiapkan tim dalam waktu yang cukup pendek. Apalagi persiapan kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan," ujar Manajer Timnas Basket, Ferri Jufry.

Baca Juga

Mengenai target, Perbasi berharap timnas 3x3 putra Indonesia dapat meraih medali emas di edisi 2021 di Hanoi, Vietnam.

Hal ini demi membalas kekalahan Indonesia pada final edisi 2019 Filipina ketika nomor tersebut pertama kali dipertandingkan di ajang SEA Games.


2. Solusi PBSI Terkait Thomas-Uber dan SEA Games

Solusi PBSI Terkait Thomas-Uber dan SEA Games

Piala Thomas-Uber dan SEA Games akan berlangsung dalam waktu yang bersamaan. Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) telah memikirkan solusi untuk masalah tersebut.

Piala Thomas-Uber dan SEA Games sama-sama akan dilangsungkan pada bulan Mei. PBSI pun harus putar otak untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky memastikan tidak ada pebulu tangkis nasional yang mengikuti kedua ajang secara bersamaan atau bergiliran agar setiap atlet bisa fokus dengan agenda yang akan diikuti.

"Penyelenggaraannya hampir berbarengan, maka kami putuskan untuk membagi dua tim yang kekuatannya merata. Tidak ada pemain sama yang akan turun di dua turnamen tersebut," ujar Rionny dilansir dari Antara. 

Baca Selengkapnya: Piala Thomas-Uber dan SEA Games Hampir Bersamaan, Begini Solusi dari PBSI Soal Pembagian Atlet

SEA GamesBasket 3x3BasketTimnas Basket Indonesia 3x3

Berita Terkini