x

Hampir Pingsan Saat Terima Bonus SEA Games, Pebasket Naturalisasi: Saking Ngefans Jokowi

Selasa, 14 Juni 2022 03:17 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
Derrick Michael Xzavierro sedang tidak fit dalam acara penghargaan dari Presiden Jokowi untuk timnas basket Indonesia pasca sukses mereka di SEA Games 2021. Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Pres

INDOSPORT.COM - Pemain Timnas Basket Indonesia, Derrick Michael Xzavierro, nyaris pingsan jelang bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (13/06/22) lalu.

Derrick terpaksa dipapah keluar halaman depan Istana Merdeka oleh staf kepresidenan karena terhuyung-huyung di tengah agenda penghragaan untuk atlet Indonesia di SEA Games 2021 lalu.

Baca Juga

Dikutip dari Antara, acara penyerahan bonus Kontingen SEA Games Vietnam 2021 diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sesaat setelah Presiden tiba di halaman depan Istana Merdeka.

Kemudian Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan SEA Games 2021 kepada Presiden Jokowi.

Tak lama setelah itu Derrick tiba-tiba tampak sempoyongan dan beberapa kali menunduk seraya mengurut keningnya.

Baca Juga

Melihat kondisi sang remaja 19 tahun terlihat tidak sehat, dua orang anggota Pasukan Pengamanan Presiden langsung bergegas membawanya keluar halaman untuk beristirahat.

Ditemui usai acara, Derrick mengatakan bahwa ia merasa pusing dan tubuhnya tidak fit. Ia mengaku sudah lama tidak mengikuti kegiatan luar ruangan layaknya upacara.

"Tadi enggak tahu kenapa, sudah lama enggak upacara. Sudah persiapan dari pagi juga, sudah siap, tapi tubuh belum siap, jadi pusing," kata Derrick Michael Xzavierro.

Baca Juga

Derrick seharusnya menjadi salah satu wakil atlet yang menerima simbolisasi bonus atlet dari Presiden Jokowi. 

Tidak heran jika kemudian ia menyesal karena harus oleng karena tidak bisa bertemu secara dekat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo tersebut


1. Bakal Tembus NBA?

Raffi Ahmad pose bareng dua pebasket asing RANS PIK Basktball dan binaan NBA, Derrick Michael

Meski demikian dia berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintahan yang sudah memberikan dukungan padanya dan rekan-rekan olahragaragan SEA Games 2021 lain.

Tidak lupa ia menanggapi pemberitaan soalnya dengan candaan jika dirinya hanya tidak kuat menahan antusiasme bertemu dengan sang kepala negara yang ia gemari.

Baca Juga

"Saking ngefansnya sama Bapak Jokowi," tulis Derrick Michael Xzavierro via story Instagram miliknya sembari melampirkan tangkapan layar berita yang memperlihatkan ia dibopong.

Derrick tidak perlu menyesal sudah melewatkan kesempatan emas untuk berjumpa langsung dengan Presiden Jokowi karena ia masih punya masa depan panjang bersama timnas basket Indonesia.

Diharapkan memenangkan medali emas SEA Games 2021 yang jadi raihan terbaik Merah-Putih di cabor basket juga bukan menjadi prestasi puncak bagi sang power forward.

Baca Juga

Derrick adalah salah satu prospek paling cerah di Asia Tenggara dan punya kemungkinan menembus panggung tertinggi basket, NBA.

Saat ini atlet kelahiran Jakarta tersebut sedang menjalani program bersama salah satu perguruan tinggi Amerika Serikat, Grand Canyon University (GCU), sejak April 2022 lalu.

Nama Derrick bisa mencuat dan akhirnya direkrut oleh kampus asal negara bagian Arizona tersebut pasca terjaring NBA Academy cabang asia.

Baca Juga

Semoga saja nantinya karier pemain dengan tinggi 206 cm tersebut bisa mencuat dan menjadi starter reguler di GCU.

Dengan demikian kans Derrick Michael Xzavierro untuk bisa dipilih menjadi bagian roster salah satu tim di NBA akan semakin besar yang tentunya otomatis membuat timnas basket Indonesia juga semakin baik.

NBATimnas Basket IndonesiaJokowiDerrick Michael XzaverioDerrick MichaelSEA Games 2021

Berita Terkini