x

Tragis, Pebasket Muda Amerika Serikat Tewas Ditembak di Pesta Barbekyu

Kamis, 23 Juni 2022 13:52 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Indra Citra Sena
Darius Lee (Pebasket Houston Baptist University). Foto: Instagram@dleeeee23

INDOSPORT.COM – Bintang basket muda dari Houston Baptist University (HBU), Amerika Serikat, Darius Lee, tewas dalam sebuah penembakan yang terjadi pada Senin (20/6/22).

Insiden penembakan yang belum diketahui motifnya tersebut terjadi di sebuah taman di Harlem, New York, dan diketahui memakan delapan korban lainnya.

Saat peristiwa, orang-orang sedang berkumpul di East River Waterfront Esplanade, semacam area piknik musim panas yang cukup ramai dan populer.

Baca Juga

"Sungguh aneh, Tidak ada yang mengharapkan hal ini. Dia (Lee) tidak mengumpat, tidak nongkrong, tidak minum, tidak melakukan apa-apa. Dia hanya bermain PS5 dan basket," kata Eric Lee, ayah Darius seperti dilansir CBS News.

Lee, yang tengah mengenyam studi untuk mendapatkan gelar sarjana pada bulan Desember ini, adalah salah satu atlet terbaik di kampusnya.

Banyak orang berduka atas kematian pebasket yang masih berusia 21 tahun tersebut. Salah satunya pelatih basket Lee di kampusnya, Ron Cottrell.

Baca Juga

"Kami terkejut dan [kami] tidak bisa menutup mata dan telinga kami akan berita ini. Hati saya bersama dengan ibunya, saudarinya, dan seluruh keluarganya, juga untuk tim basket kami,”

"Dia adalah pebasket yang hebat. Orang baik. Saya bahkan tidak bisa memikirkan soal basket sekarang. Saya hanya bisa memikirkan betapa baiknya Darius selama hidupnya yang singkat di bumi. Kami sangat mencintainya,” tutup Cottrell.

Mantan kepala sekolah Lee saat SMA, Judith Carew, juga turut menyumbang bela sungkawa mendalam sembari sedikit mengenang sang pebasket muda.

Baca Juga

“Darius adalah pemuda yang baik, cerdas, dan berbakat yang hidupnya berada di jalur yang positif. Dia lulus pada 2018 dari St. Raymond dan masih terus giat belajar sambil mengikuti hasratnya bermain basket di kuliah. Dia berhasil di keduanya,” tutur Carew

“Dunia telah kehilangan seorang pemuda yang luar biasa. Hati saya berkabung untuk keluarganya saat mereka menanggung kehilangan yang tak tertahankan,” tandasnya.


1. Isu Senjata Api Menguat

Pistol Colt Peacemaker dan Bendera Amerika Serikat.

Peristiwa penembakan itu terjadi bertepatan dengan adanya kekhawatiran nasional atas kekerasan karena senjata api (gun violence). Direktur atletik Houston Baptist University, Steve Moniaci, angkat bicara mengenai hal tersebut.

"Dia (Lee) adalah seorang pemuda yang baik dan memiliki masa depan yang sangat cerah di depannya, baik dalam maupun di luar lapangan," ujar Moniaci seperti dilansir dari Houston Chronicles.

"Sayangnya, sekali lagi, peristiwa memilukan ini adalah contoh lain dari dampak undang-undang soal senjata api yang tidak masuk akal,” tandasnya.

Baca Juga

Lee adalah salah satu dari sembilan orang yang menjadi korban dari penembakan misterius di Fifth Avenue dan 139th Street. Kejadian itu berada di lokasi yang cukup dekat dengan tempat tinggal Lee.

Blok itu masih ramai sebelum penembakan terjadi. Polisi mengatakan bahwa banyak orang keluar untuk mengadakan pesta barbekyu.

Baca Juga

Akan tetapi saat tengah malam, polisi menduga ada semacam perselisihan yang terjadi antar kelompok. Sebuah pistol kemudian ditemukan di tempat kejadian.

"Dapatkan beberapa sumber daya di sini untuk menghentikan kekerasan ini karena orang-orang kami sekarat dan kami bosan dengan itu," kata Advokat Publik Jumaane Williams.


2. Bintang Basket di SMA

Ilustrasi bola basket.

Lee sudah menjadi seorang bintang basket saat dirinya masih bersekolah di St. Raymond High School for Boys di The Bronx.

Ia kemudian mendapat beasiswa penuh ke Houston Baptist University. Seharusnya pemuda dengan tinggi 1,98 meter itu lulus pada Desember 2022.

"Saya berharap keadilan ditegakkan dan saya berharap NYPD (New York Police Department) benar-benar bekerja dan menemukan orang-orang yang membunuh anak saya," kata ayah Lee.

Polisi juga menyampaikan bahwa delapan korban penembakan lainnya diperkirakan akan selamat. Hingga kini, mereka belum bisa mengidentifikasi siapa dalang di balik penembakan misterius tersebut.

Amerika SerikatNew YorkBasketBerita Basket

Berita Terkini