x

Tumbang dari Yordania, Timnas Basket Indonesia Akhiri Kualifikasi FIBA World Cup dengan Rekor Buruk

Selasa, 5 Juli 2022 10:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas basket Indonesia mengakhiri Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dengan rekor buruk usai tumbang dari Yordania. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COMTimnas basket Indonesia mengakhiri Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dengan rekor buruk usai tumbang dari Yordania.

Sebagaimana diketahui, Timnas basket telah melakoni laga lanjutan melawan Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (04/07/22) kemarin.

Baca Juga

Bertanding di kandang sendiri, namun sayangnya Andakara Prastawa dkk malah gagal meraih kemenangan.

Pasalnya, Skuad tim Garuda itu kalah telak dengan skor 52-77 atas Yordania di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 Grup C Zona Asia.

Melansir dari Antara, Derrick Michael sempat memimpin perolehan angka Indonesia malam ini dengan 14 poin dan 8 rebound setelah melantai selama 33 menit. Yudha Saputera menyumbang 13 poin dan 6 rebound, serta Brandon Jawato dengan 7 poin.

Baca Juga

Sempat mengimbangi permainan Yordania pada kuarter pertama, Indonesia justru tertinggal pada awal kuarter kedua karena akurasi tembakan yang buruk serta banyaknya turnover yang dilakukan Brandon Jawato cs.

Dari 16 upaya tembakan yang dilesakkan sepanjang kuarter kedua, sayangnya hanya tiga lemparan yang berhasil dikonversi menjadi poin.

Indonesia hanya sanggup mengumpulkan delapan angka untuk mengakhiri paruh pertama pertandingan dalam keadaan tertinggal 26-37.

Baca Juga

Tak ada pembeda di kuarter selanjutnya. Selain akurasi tembakan yang buruk, para pemain Indonesia juga tampak kesulitan mencetak angka lantaran pemain Yordania yang kerap memblok upaya Indonesia.

Permainan Indonesia sedikit membaik pada sisa enam menit terakhir kuarter keempat. Menampilkan transisi cepat, di mana mampu membukukan tiga kali tripoin berturut-turut. Namun tetap saja, Indonesia akhirnya kalah dari Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2022.


1. Timnas Basket Indonesia Raih Catatan Buruk

Suasana pertandingan Timnas Basket Indonesia vs Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup. Foto: Mohammad Rizki Azhari/INDOSPORT

Kekalahan atas Yordania juga membuat Timnas basket Indonesia mencatatkan rekor buruk.

Melansir dari Antara, hasil ini membuat Indonesia gagal mencetak satu kemenangan pun dari enam laga yang telah dimainkan di sepanjang Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

Baca Juga

Sekadar informasi, pada pertandingan sebelumnya Indonesia juga sempat kalah dari Arab Saudi dengan skor tipis 67-69.

Kekalahan dari Arab Saudi dan Yordania itu membuat peluang Indonesia lolos ke Piala Dunia 2023 lewat jalur kualifikasi sudah tertutup.

Baca Juga

Meski berstatus tuan rumah, Indonesia memang belum otomatis lolos ke Piala Dunia 2023.

Indonesia masih bisa lolos, namun setidaknya harus menempati peringkat delapan dari 16 tim yang nantinya akan bermain di Piala Asia FIBA 2022 di Jakarta yang akan diselenggarakan 12-24 Juli mendatang.


2. Alasan Marques Bolden Absen

Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

Pemain nanturalisasi, Marques Bolden, dipastikan tidak membela Timnas Basket Indonesia di ajang Kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Meski demikian, pemain yang pernah tampil di NBA Summer League 2021 tersebut bakal disiapkan untuk membela Merah Putih di ajang FIBA Asia Cup 2022 pada 12 -24 Juli nanti.

Sebelumnya, mantan pemain Cleveland Cavaliers itu absen membela Timnas Indonesia saat melawan Arab Saudi dalam laga yang digelar Jumat (01/07/22).

Baca selengkapnya: Terungkap! Ini Alasan Pemain NBA Tak Bela Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Timnas Basket IndonesiaYordaniaFIBA World Cup 2023BasketBerita Basket

Berita Terkini