x

Boom! Jelang FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia Ditinggal Sang Pelatih

Senin, 11 Juli 2022 21:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih kepala Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, saat melihat anak asuhnya bermain di Elang Cup Basketball Tournament di Medan.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari Timnas Basket Indonesia, sang pelatih Rajko Toroman memutuskan mundur dari kursi pelatih Timnas Basket Indonesia.

Keputusan Rajko Toroman ini terbilang mengejutkan mengingat Timnas Basket Indonesia sedang berada dalam persiapan FIBA Asia Cup 2022 yang akan dimulai tanggal 12 Juli besok.

Baca Juga

Kabar tersebut diketahui dari unggahan Perbasi di akun media sosial Instagram mereka. Kabar tersebut juga mengagetkan mengingat baru kemarin Perbasi juga mengumumkan para roster yang akan bertanding di FIBA Asia Cup 2022.

Rajko Toroman sendiri memiliki kontrak yang dijadwalkan berakhir setelah FIBA Asia Cup 2022 selesai.

Manajer Timnas Basket Putra indonesia, Jeremy Santoso mengatakan bahwa pembahasan pergantian pelatih memang sudah didiskusikan dalam beberapa hari ke belakang.

Baca Juga

Tak hanya itu, pihak Perbasi menyebut bahwa perpisahan dengan pelatih asal Serbia tersebut dengan Timnas Basket Indonesia merupakan keputusan bersama.

Perbasi juga menyatakan bahwa status Rajko Toroman tidak dipecat oleh Perbasi. Pelatih asal Serbia tersebut bisa dibilang yang telah mengundurkan diri.

Kekosongan pelatih ini membuat Timnas Basket Indonesia akan memiliki nakhoda baru. Kabarnya sosok pengganti Rajko Toroman adalah Milos Pejic.

Baca Juga

Milos Pejic adalah nakhoda Skuad Merah Putih kala mencetak sejarah meraih medali emas SEA Games 2021 yang digelar di Vietnam pada Mei 2022 lalu.

Meski ditinggal sang nakhoda, kepastian Timnas melakoni FIBA Asia Cup 2022 tetap berlanjut. Timnas dijadwalkan melakoni laga perdana FIBA Asia Cup 2022 pada Selasa (12/07/11) besok melawan Arab Saudi.


1. Tentang FIBA Asia Cup 2022

FIBA Asia Cup 2022.

Indonesia akan menjalani turnamen FIBA Asia Cup 2022 yang akan dimulai 12 Juli mendatang di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta.

FIBA Asia Cup atau yang sebelumnya dikenal dengan FIBA Asia Championship merupakan turnamen bola basket internasional yang didakan setiap empat tahun sekali di antara tim nasional putra Asia dan Oseania.

Baca Juga

FIBA Asia Cup pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960, kira-kira 62 tahun yang lalu.

Australia menjadi perengkuh gelar juara terakhir pada turnamen ini. Sedangkan, China menjadi tim yang paling banyak meraih gelar juara dengan perolehan 16 gelar.

Format turnamen ini sebagian mirip dengan format dua babap grup dan babak sistem gugur. Tim bermain melawan satu sama lain sekali.

Baca Juga

Tim teratas akan langsung melaju ke perempatfinal dan tim peringkat kedua akan memainkan pertandingan eliminasi antara tim peringkat ketiga dari grup lain.

Empat tim pemenang dari pertandingan eliminasi akan maju ke perempat final. Setelah pertandingan eliminasi, fase knock-out akan menjadi fase selanjutnya yang ditempuh.

Turnamen yang genap berusia 62 tahun tersebut pada tahun 2022 ini menjadikan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Indonesia tergabung di Grup A bersama dengan Arab Saudi, Yordania, dan Australia. Indonesia akan memulai perjuangannya pada 12 Juli nanti.

Baca Juga

Berikut daftar pemain yang akan dibawa Timnas Bolabasket Indonesia ke FIBA Asia Cup 2022:

Andakara Prastawa, Yudha Saputera, Vincent Rivaldi Kosasih, Derrick Michael Xzavierro, Brandon Jawato, Abraham Damar Grahita, Arki Dikania Wisnu, Muhammad Aridhi, Juan Laurent, Agassi Goantara, Marques Bolden, dan Widyanta Putra Teja.


2. Jadwal Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

Berikut jadwal Timnas Bolabasket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022.

Fase Grup:

Selasa (12/07/22) :  Indonesia vs Arab Saudi – 17.30 WIB.

Kamis (14/07/22) : Indonesia vs Yordania – 17.30 WIB.

Sabtu (16/07/22) : Indonesia vs Australia – 17.30 WIB.

Baca Selengkapnya

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi)Timnas Basket IndonesiaRajko ToromanFIBA Asia Cup

Berita Terkini