x

Timnas Basket Indonesia Punya Kartu AS di FIBA Asia Cup 2022, Siapa Itu?

Jumat, 8 Juli 2022 02:50 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas basket Indonesia memiliki satu pemain kunci yang juga menjadi kartu AS di ajang FIBA Asia Cup 2022 nanti.

INDOSPORT.COM Timnas basket Indonesia memiliki satu pemain kunci yang juga menjadi kartu AS di ajang FIBA Asia Cup 2022 nanti.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga bertaraf internasional yakni FIBA Asia Cup 2022 pada 12-24 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga

Selaku tuan rumah, Timnas basket Indonesia tentunya juga mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menunjukkan tajinya.

Sejumlah persiapan pun telah dilakukan. Salah satunya ialah bakal membawa pemain kunci yang akan menjadi senjata Timnas basket Indonesia di ajang bola basket bergengsi ini.

Sosok yang bakal menjadi kartu AS untuk Timnas Indonesia tak lain ialah bintang NBA yang juga merupakan pemain naturalisasi, Marques Bolden.

Baca Juga

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Derrick Michael selaku pebasket Tanah Air yang meyakini kehadiran Marques Bolden dalam tim berperan penting terhadap permainan Indonesia pada kompetisi yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno.

Melansir dari Antara, Derrick lebih lanjut mengatakan bahwa Bolden adalah pemain yang bisa membantu tim dalam urusan mencetak angka terutama di paint area.

Sekadar informasi, Indonesia kalah dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023 melawan Yordania di Jakarta, Senin (4/7/22) lalu.

Baca Juga

Kekalahan tersebut dinilai karena adanya kalah postur sehingga selalu kesulitan melakukan tembakan dari bawah ring.

Upaya para pemain Timnas basket Indonesia untuk melesakkan bola dari paint area pun kerap diblok oleh para pemain Yordania sehingga tim Merah Putih cuma bisa mengandalkan tembakan dari luar. Sehingga adanya Marques Bolden dianggap bisa menyelamatkan Indonesia di FIBA Asia Cup 2022.


1. Kontribusi Marques Bolden Bisa Berdampak Besar

Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

“Karena pemain kami ukurannya normal jadi kami mementingkan akurasi tembakan dari luar dibanding dari dalam,” ucap Derrick Michael.

“Apabila kami melawan Yordania seperti kemarin lagi dan kami tidak ada pemain yang bisa bermain di dalam itu akan sangat menyulitkan.

“Dampak (Marques Bolden) sangat besar untuk di permainan di paint area karena dia juga merupakan pemain defensif. Jadi buat saya pribadi sendiri, untuk Bolden, kami pastinya membutuhkan dia terutama untuk bermain di bawah ring,” tambahnya.

Baca Juga

Pendapat yang diungkapkan oleh Derrick Michael juga senada dengan pernyataan Rajko Toroman selaku pelatih kepala tim nasional bola basket putra Indonesia.

Ia bahkan menyebut absennya Bolden menjadi salah satu penyebab kekalahan timnas atas Arab Saudi dan Yordania.

Toroman dalam beberapa kesempatan juga selalu mengatakan bahwa pemain NBA G-League itu adalah pilar penting yang bisa memberikan dampak signifikan terhadap permainan tim.

“Kami berharap Marques bisa mengubah permainan kami terutama untuk permainan di bawah ring,” kata Toroman.

Baca Juga

“Marques adalah pemain yang benar-benar bisa bermain di dalam paint area maupun di luar. Dia juga pemain yang bagus dalam rebound,” ujarnya lagi.

Dalam laga melawan Yordania, Indonesia yang harus kehilangan Andakara Prastawa dan Bolden itu tak bisa berbuat banyak di paint area lawan. Merah Putih cuma sanggup mencetak 10 poin dari paint area, sedangkan Yordania meraih 36 poin.

Indonesia juga masih kalah dalam aspek rebound. Brandon Jawato dan kawan-kawan cuma membuat 36 rebound dibanding 56 milik Yordania.


2. Marques Bolden 100 Persen Fit Jelang FIBA Asia Cup 2022

Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

Timnas basket Indonesia baru saja mendapatkan angin segar setelah pemain NBA, Marques Bolden dipastikan kembali tampil untuk FIBA Asia Cup 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas basket Indonesia sebelumnya bisa dibilang tampil dengan skuad pincang usai Marques Bolden terpaksa absen karena mengalami masalah kesehatan.

Mantan pemain Cleveland Cavaliers itu sendiri sebelumnya tak diturunkan saat skuad Garuda melawan  Arab Saudi dan Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 pada Jumat (1/7/22) dan Senin (4/7/22).

Baca selengkapnya: Kabar Gembira! Pemain NBA Pastikan Perkuat Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

Timnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketDerrick MichaelMarques BoldenFIBA Asia Cup

Berita Terkini