x

Kabar Gembira! Pemain NBA Pastikan Perkuat Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022

Rabu, 6 Juli 2022 03:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

INDOSPORT.COM Timnas basket Indonesia baru saja mendapatkan angin segar setelah pemain NBA, Marques Bolden dipastikan kembali tampil untuk FIBA Asia Cup 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas basket Indonesia sebelumnya bisa dibilang tampil dengan skuad pincang usai Marques Bolden terpaksa absen karena mengalami masalah kesehatan.

Baca Juga

Mantan pemain Cleveland Cavaliers itu sendiri sebelumnya tak diturunkan saat skuad Garuda melawan  Arab Saudi dan Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 pada Jumat (1/7/22) dan Senin (4/7/22).

Rajko Toroman selaku pelatih kepala tim nasional bola basket putra Indonesia menjelaskan bahwa absennya pemain NBA itu karena Bolder masih menghadapi masalah punggung sejak tampil dalam SEA Games Vietnam pada Mei lalu.

Melansir dari Antara, namun kini Marques Bolden dinyatakan 100 persen fit bermain memperkuat tim nasional basket Indonesia dalam FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, 12-24 Juli.

Baca Juga

Toroman pun bahwa menyebut kehadiran Bolden berpengaruh besar terhadap penampilan Indonesia dalam Piala FIBA Asia nanti.

Pemain naturalisasi asal Amerika Serikat itu dinilai dapat memberikan perubahan signifikan bagi tim, terutama dalam rebound dan mencetak poin di paint area maupun di luar busur.

Sekadar informasi, Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A Piala FIBA Asia 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli mendatang.

Baca Juga

Laga tersebut terjadi sebelum berjumpa kembali dengan Yordania pada 14 Juli. Indonesia selanjutnya menghadapi juara bertahan Australia pada 16 Juli.

Marques Bolden sendiri juga mengungkapkan kondisinya yang sudah mulai kembali membaik dan siap tampil maksimal membela Indonesia di FIBA Asia Cup 2022.


1. Siap Tampil Maksimal Bersama Timnas Basket Indonesia

Tiga pebasket naturalisasi Indonesia, Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

“Saya merasa 100 persen fit. Persiapan musim panas ini cukup panjang dan saya siap untuk menghadapi FIBA Asia Cup. Saya juga sangat antusias bermain di depan kalian semua," kata Marques Bolden.

Lebih lanjut, Bolden menanggapi pujian yang sebelumnya dilontarkan oleh Rajko Toroman, di mana ia merasa terhormat bisa mendapatkan banyak kepercayaan dari pelatih dan tim.

Baca Juga

Selain itu, Marques Bolden juga mengaku semakin tidak sabar  bermain di depan para penggemar dan membawa Indonesia memenangi setiap pertandingan Piala FIBA Asia 2022.

"Saya adalah pemain baru di sini yang sedang mencoba membiasakan diri dengan semuanya. Tapi rekan setim saya sangat mempercayai saya, demikian juga dengan pelatih. Hal itu meningkatkan kepercayaan diri bagi saya pribadi," ucapnya.

Baca Juga

Di sisi lain, Indonesia harus finis peringkat delapan besar dari 16 tim peserta Piala FIBA Asia 2022.

Ini merupakan syarat wajib bagi Timnas basket Indonesia agar bisa mengamankan satu tempat dalam Piala Dunia FIBA 2023 nanti.


2. Timnas Basket Indonesia Akhiri Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dengan Catatan Buruk

Suasana pertandingan Timnas Basket Indonesia vs Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup. Foto: Mohammad Rizki Azhari/INDOSPORT

Timnas basket Indonesia mengakhiri Kualifikasi FIBA World Cup 2023 dengan rekor buruk usai tumbang dari Yordania.

Sebagaimana diketahui, Timnas basket telah melakoni laga lanjutan melawan Yordania di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C Zona Asia di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (04/07/22) kemarin.

Bertanding di kandang sendiri, namun sayangnya Andakara Prastawa dkk malah gagal meraih kemenangan.

Baca selengkapnya: Tumbang dari Yordania, Timnas Basket Indonesia Akhiri Kualifikasi FIBA World Cup dengan Rekor Buruk

Timnas Basket IndonesiaFIBA World Cup 2023Berita BasketMarques BoldenFIBA Asia Cup

Berita Terkini