x

Gagal ke Piala Dunia 2023, Masa Depan Timnas Basket Indonesia 'Diramal' Cerah

Rabu, 20 Juli 2022 10:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM - Timnas basket Indonesia berterima kasih atas dukungan dari masyarakat Indonesia selama kiprah mereka di FIBA Asia Cup 2022. 

Dalam tiga pertandingan grup dan satu laga play off perempatfinal, tribune Istora Senayan selalu dipenuhi oleh penonton yang tak henti 'berteriak'. Dukungan di media sosial juga sangat ramai.

Baca Juga

"Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada semua fans atas dukungan kepada kami di FIBA Asia Cup dari fase grup sampai lolos," kata point guard timnas basket Indonesia, Andakara Prastawa.

"Dukungan yang tidak pernah henti itu yang membuat kami semangat dan bisa melewati itu semua, jadi terima kasih buat fans dan semua yang sudah mendukung kami," imbuhnya. 

Baca Juga

Meski belum berhasil mencapai target delapan besar untuk lolos ke FIBA World Cup 2023, Prastawa menegaskan, ini bukan akhir perjalanan timnas basket Indonesia. 

Baca Juga

Menurutnya, masa depan timnas basket Indonesia menjanjikan. Ada beberapa pemain muda potensial yang bisa jdi tulang punggung tim, seperti Marques Bolden, Derrick Michael, belum lagi dua pemain naturalisasi Dame Diagne dan Serigne Madou Kane. 


1. Masa Depan Timnas Basket Indonesia Cerah, Asalkan...

Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

"Marques (Bolden) masih 24 tahun, Derrick (Michael) masih 19 tahun. Masih banyak pemain muda yang potensinya bisa lebih jauh dari ini," ujar Prastawa. 

"Jadi ini awal baru untuk timnas Indonesia. Ke depan masih ada SEA Games dan Asian Games, jadi kita masih akan bersiap untuk itu ke depannya," lanjut atlet 29 tahun ini.

Namun untuk bisa bersaing dengan negara-negara tangguh Asia, Prastawa mengingatkan juniornya untuk meningkatkan kemampuan, baik secara individu maupun tim. 

"Pesan saya kepada pemain-pemain muda yang punya cita-cita menjadi pemain top dan bisa bersaing di Asia, jangan ingin menjadi seperti kami, tapi harus lebih dari kami," tegas Prastawa. 

Sementara itu, Marques Bolden menyatakan masa depan basket Indonesia akan cerah, jika program yang telah disusun dilanjutkan secara konsisten.
 


2. Banyak Talenta

Pertandingan antara Australia vs Timnas Basket Indonesia di FIBA Asia Cup 2022. Foto: fiba.basketball

"Saya sangat senang dengan perkembangan yang kami buat pada musim panas ini. Ini pertama kali mewakili Indonesia di Asia," akuinya. 

"Saya sangat bahagia dengan progres di sini, bukan hanya tim nasional, tapi bola basket Indonesia secara keseluruhan. Banyak talenta yang bisa membantu tim nasional ke depannya menjadi lebih baik," tuntas Marques.
 

Timnas Basket IndonesiaPiala Dunia Basket 2023FIBA Asia Cup 2022

Berita Terkini