x

Gelar Turnamen Bola Basket, Red Bull Siap Bantu Kemenpora dan Perbasi Cari Penerus Arki Wisnu

Sabtu, 23 Juli 2022 21:57 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Peresmian Red Bull Basketball Championships 2022. Foto: Red Bull Indonesia

INDOSPORT.COM - Turnamen Red Bull Basketball Championships 2022 jadi wadah mencari bakat-bakat penerus Arki Wisnu di Timnas Bola Basket Indonesia.

Setelah hampir 2 tahun absen akibat pandemi Covid yang melanda seluruh dunia, berbagai kegiatan dan kompetisi olahraga kini sudah mulai bergulir kembali.

Baca Juga

Salah satunya adalah ajang Red Bull Basketball Championships 2022 yang diprakarsai oleh minuman suplemen kesehatan yaitu Red Bull bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Bagi yang belum tahu, Red Bull Basketball Championships 2022 adalah kejuaraan bola basket antar SMA/sederajat dan berlangsung di dua pulau besar Indonesia, yakni Jawa dan Sumatera mulai 23 Juli 2022- 11 September 2022.

Baca Juga

Di Pulau Jawa, kejuaraan ini diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara di Pulau Sumatera akan berlangsung di Medan dan Pekanbaru.

Nantinya, SMA yang jadi peserta di kota-kota tersebut akan saling beradu untuk menjadi pemenang Regional. Kemudian tiap pemenang dari masing-masing kota akan kembali dipertemukan dalam partai Grand Final yang berlangsung di Jakarta pada 10-11 September 2022.

Baca Juga

Jakarta sendiri menjadi seri pembuka dari ajang Red Bull Basketball Championships 2022 dan berlangsung di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat mulai dari Sabtu (23/07/22) sampai Senin (25/07/22).

Bagi yang ingin datang dan menonton turnamen ini, cukup sediakan Rp10 ribu saja untuk membeli tiket hariannya. Saat membeli tiket sendiri, Anda akan mendapat produk berupa minuman dan makanan.


1. Ajang Mencari Bibit Atlet Basket Indonesia

Suasana pertandingan Red Bull Basketball Championships 2022. Foto: Red Bull Indonesia

Red Bull selaku penggagas event Red Bull Basketball Championships 2022 ternyata punya tujuan mulia, yakni ikut berkontribusi dalam kemajuan olahraga basket Tanah Air.

Hal itu sendiri diutarakan oleh Ricky Suhendar selaku Chief Marketing Officer PT. Asia Health Energi Beverages. Ricky mengatakan ini adalah cara Red Bull untuk membantu Kemenpora dan Perbasi mencari bibit potensial untuk Timnas Bola Basket Indonesia.

"Tentunya yang pertama Red Bull tahu bahwasannya generasi muda ini adalah bibit-bibit atlet olahraga di masa depan terutama untuk pelatnas ataupun Kemenpora," ujar Ricky saat ditemui awak INDOSPORT.

"Cara merekrut tim-tim muda itu pasti dari kegiatan seperti ini. Red Bull juga membuat acara ini, sehingga bisa mewadahi generasi muda yang terlibat dan menunjukkan prestasinya lewat cabang olahraga bola basket," jelas Ricky lebih lanjut.

Dalam kesempatan yang sama, Ricky juga menjelaskan ada alasan khusus yang membuat Red Bull memilih olahraga bola basket untuk menjadi fokus utamanya.

"Sampai sekarang yang kita amati secara internal adalah bahwasannya belum ada organisasi atau sponsor atau brand yang fokus terhadap kegiatan bola basket di level SMA."

"Jadi inilah inisiatif Red Bull, terutama setelah pandemi yang membuat kegiatan off selama 2 tahun, kami memulai kegiatan dan mendukung kegiatan bola basket karena kita ingin jadi yang pertama fokus mendukung kegiatan di bidang olahraga bola basket untuk anak SMA," ujar Ricky.

Harapan Red Bull dari acara Red Bull Basketball Championships 2022 ini juga adalah bisa menjadi awal kelahiran atlet-atlet bola basket yang jadi penerus Arki Wisnu dkk untuk Timnas Bola Basket Indonesia.

"Dari sini harapannya pihak dari Kemenpora dan juga Perbasi kita fasilitasi untuk merekrut bibit-bibit muda dari ajang Red Bull Basketball Championships 2022 ," pungkas Ricky.

Menjadi menarik untuk menantikan kelahiran-kelahiran atlet bola basket berbakat Indonesia dari ajang Red Bull Championships 2022. Terutama karena saat ini olahraga bola basket Indonesia sedang mengalami peningkatan pesat usai pertama kali menjuarai SEA Games 2021 lalu di Vietnam.


2. Keunikan Red Bull Basketball Championships 2022

Suasana pertandingan Red Bull Basketball Championships 2022. Foto: Red Bull Indonesia

Meskipun pesertanya hanya anak SMA, ajang Red Bull Basketball Championships 2022 tetap diusung dengan profesionalitas tinggi.

Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem poin dan skor data yang terintegrasi dengan FIBA. Hal ini jadi sangat penting karena bisa berfungsi untuk memantau bakat-bakat basket potensial.

Selain sistem pertandingan yang terintegrasi, ajang Red Bull Basketball Championships 2022 juga menghadirkan banyak hiburan menarik yang bisa dinikmati para penonton yang datang.

Nantinya di setiap half time, akan ada games-games menyenangkan yang bisa diikuti penonton dan jika beruntung bisa mendapatkan hadiah-hadiah menarik.

Tak hanya itu, di luar arena pertandingan, penonton juga bisa menikmati suguhan-suguhan dari booth yang ada di GOR Cempaka Putih. Sehingga semakin menambah keseruan di tengah menjadi saksi kelahiran bakat-bakat hebat bola basket Indonesia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)BasketRed Bull Basketball Championships 2022

Berita Terkini