x

Profil Victor Wembanyama: Pebasket Muda Calon Nomor 1 NBA Draft 2023 yang Disanjung LeBron James

Sabtu, 8 Oktober 2022 12:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

INDOSPORT.COM – Berikut profil pebasket muda calon nomor 1 NBA Draft 2023, Victor Wembanyama, yang disanjung LeBron James setinggi langit.

NBA mempunyai cara yang unik untuk ‘mempromosikan’ pemain rookie-nya, yaitu dengan cara melakukan Draft Pick.

Baca Juga

Berbeda dengan sepak bola yang memiliki klub akademi yang mana pemain muda bisa bergabung ke klub senior jika diinginkan oleh pelatih, olahraga basket, terutama NBA, menggunakan sistem draft pick untuk itu.

NBA Draft adalah suatu acara tahunan yang dimulai sejak tahun 1947 yang mana 30 tim dari National Basketball Association (NBA) dapat menetapkan pemain rookie yang memenuhi syarat dan ingin bergabung dengan liga.

Kebanyakan pemain rookie yang masuk draft pick adalah mereka yang bermain di perguruan tinggi. Namun, pemain internasional juga memenuhi syarat untuk di-draft.

Baca Juga

Disebutkan bahwa pemain internasional berusia 22 tahun secara otomatis bisa dikatakan memenuhi syarat untuk dipilih, sementara mereka yang berumur di bawah 22 tahun harus menyatakan kelayakannya.

Sejak tahun 1989, NBA Draft terdiri dari dua putaran yang mana setiap pemainnya dilarang untuk menandatangani kontrak dengan NBA sampai ia memenuhi syarat setidaknya untuk satu draft.

Memang mendapatkan draft pick di urutan nomor satu tidak menjamin kesuksesan pemain, tetapi ada sejumlah pemain yang tetap tampil luar biasa sejak di-draft ke NBA di urutan pertama.

Baca Juga

Oscar Robertson, Magic Johnson, Hakeem Olajuwon, Patrick Ewing, Yao Ming, Shaquille O’Neal, Allen Iverson, hingga LeBron James adalah sederet nama yang bisa dibilang sukses di NBA.

Kini ada satu nama yang diprediksi bakal menggelegar di NBA Draft 2023 mendatang, yaitu pemain asal Prancis, Victor Wembanyama, yang juga disanjung LeBron James setinggi langit. Berikut profil sang pebasket:


1. Pernah Jadi Kiper saat Kecil

Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

Victor Wembanyama lahir di Le Chesnay, Prancis pada (04/01/04) yang mana sang pebasket kini berusia 18 tahun.

Di masa kecilnya ia tumbuh dengan bermain sepak bola sebagai penjaga gawang dan berlatih judo. Victor Wembanyama berposisi kiper pastinya tak lepas dari tingginya yang menjulang.

Baca Juga

Wembanyama sendiri kini memiliki tinggi 220 cm (7 kaki 3 inchi), yang pasti tidaklah heran bahwa di masa kecilnya, ia menjadi kiper saat bermain sepak bola.

Ingin tahu betapa tingginya Wembanyama? Sebagai perbandingan, ia 4 cm lebih tinggi dari pebasket legendaris yang pernah begitu mendominasi di lapangan bernama Shaquille O’Neal (216 cm/7 kaki 1 inchi).

Wembanyama hanya kalah tinggi 6 cm dari salah satu pebasket tertinggi yang pernah berlaga di NBA, Yao Ming (229 cm/7 kaki 6 inchi).

Baca Juga

Dengan tingginya tersebut, Wembanyama bermain di posisi Power Forward dan Center. Dua posisi ini juga berperan penting dalam memenangkan offensive rebound/defensive rebound dalam basket.

Apabila Wembanyama bisa masuk ke NBA nantinya, tingginya pasti cukup berguna untuk memenangkan rebound dengan lawannya mengingat Center di NBA rata-rata 210 cm atau 7 kaki.

Brilian bersama Metropolitans 92

Victor Wembanyama bermain luar biasa bersama Metropolitans 92, sebuah tim basket profesional Prancis, LNB Pro A, yang mana liga tersebut adalah yang tertinggi di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel itu.

Berikut ini statistik Wembanyama bersama Metropolitans di dua gim pertama:

Baca Juga

Catatan 30 poin ke atas sudah jelas merupakan statistic brilian bagi pebasket yang masih menginjak usia 18 tahun.

Tidaklah heran apabila Wembanyama difavoritkan untuk masuk sebagai nomor 1 NBA Draft Pick 2023 mendatang dan digadang-gadang bakal menjadi bintang besar di kompetisi paling elite olahraga basket tersebut.

Selain itu, megabintang Los Angeles Lakers, LeBron James, bahkan memuji Victor Wembanyama setinggi langit.


2. LeBron James Sebut Wembanyama adalah Alien

Pebasket Los Angeles Lakers, LeBron James selebrasi saat melawan Cleveland Cavaliers di laga Rocket Mortgage FieldHouse. Foto: Reuters/David Richard

Dilansir dari Marca, torehan 37 poin bersama Metropolitans membuat Victor Wembanyama mendapat julukan anyar dari LeBron James, yaitu ‘Alien’.

"Semua orang telah menjadi unicorn dalam beberapa tahun terakhir, tetapi Wembanyama lebih seperti alien," tandas LeBron James yang juga mengeklaim bahwa dia telah memperhatikan perkembangan pria asal Prancis itu selama bertahun-tahun.

Baca Juga

LeBron sendiri lebih terkejut dengan pergerakannya yang begitu begitu entengnya padahal Wembanyama memiliki tinggi 220 cm.

“Saya tidak pernah melihat pemain setingginya bergerak begitu cair dan anggun di lapangan,” puji pria berusia 37 tahun itu.

“Kemampuannya menempatkan bola, melakukan jump shots dari post, melakukan step-back dan menembak tiga angka, menerima bola dan menembak tiga angka, dan memblok tembakan lawan, sudah jelas ia pemain berbakat di generasi ini.”

Dengan penampilan yang ciamik baru-baru ini dan juga didukung oleh salah satu G.O.A.T dalam dunia basket, tentu Victor Wembenyama difavoritkan untuk bisa masuk sebagai nomor 1 NBA Draft Pick 2023 mendatang.

NBALeBron JamesNBA DraftBasketVictor Wembanyama

Berita Terkini