x

Prastawa Sumbang 25 Poin, Pelita Jaya Juara IBL Indonesia Cup 2022

Minggu, 13 November 2022 18:44 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelita Jaya menjadi juara IBL Indonesia Cup 2022 setelah mengalahkan Satria Muda 70-62 di Sritex Arena, Minggu (13/11/22).

INDOSPORT.COM - Tim basket Pelita Jaya Bakrie Jakarta sukses merebut gelar turnamen pramusim bertajuk IBL Indonesia Cup 2022. Andakara Prastawa menjadi mesin poin Pelita Jaya untuk mengalahkan Satria Muda Pertamina Jakarta 70-62 di Sritex Arena Solo, Minggu (13/11/22).

Pertemuan Satria Muda melawan Pelita Jaya layaknya partai ulangan final Indonesia Basketball League (IBL) 2022. Pada momen itu, Satria Muda menang 98-87 pada game pertama dan 89-74 pada game kedua.

Pada laga ini, giliran Pelita Jaya yang mengamuk. Duel yang disaksikan lebih dari 3.000 pasang mata ini berjalan super ketat dalam tiga kuarter.

Namun, Pelita Jaya lebih efektif pada kuarter empat. Yesaya Saudale benar-benar merepotkan defense yang coba dibangun Satria Muda.

Ketika mereka lengah, Andakara Prastawa muncul sebagai mesin poin. Total dari 12 tembakan tiga angka, Prastawa sukses empat kali mengenai sasaran. 12 poin dari tembakan tiga angka masih ditambah 12 poin dari tembakan dua angka dan sebiji free throws.

Baca Juga

Performa gemilang Prastawa dilengkapi Yesaya Saudale dengan torehan 13 poin serta Vincent Kosasih dengan 10 dan Govinda Julian Saputra dengan 9 poin.

Sementara dari kubu Satria Muda, Juan Laurent dan Sandy Ibrahim saya-sama menyumbangkan 12 poin, disusul Avan Saputra dan Steven Oei dengan 8 poin.

Baca Juga

Keberhasilan ini membuat Pelita Jaya meraih hadiah sebesar Rp150 Juta. Sementara Satria Muda mendapatkan Rp75 Juta serta Prawira Harum Bandung sebagai juara ketiga mendapat Rp50 Juta.

Pelatih Pelita Jaya, Djorde Jovicic, mengucapkan selamat atas keberhasilan para pemain menampilkan performa yang bagus dalam empat kuarter.

"Kita bermain cerdas dalam offense maupun defense," kata Djorde Jovicic usai pertandingan.

Baca Juga

1. Diberi Kepercayaan

Pelita Jaya menjadi juara IBL Indonesia Cup 2022 setelah mengalahkan Satria Muda 70-62 di Sritex Arena, Minggu (13/11/22).

Ditambahkan Andakara Prastawa, kemenangan pada partai final ini merupakan hasil kerja keras seluruh awak tim. Tim bisa terus meningkatkan permainan dari setiap pertandingan pada turnamen pramusim ini.

Soal keberhasilan menyumbang 25 poin, terutama momen-momen krusial pada kuarter empat, Prastawa mengaku sangat menikmati laga final ini.

"Coach ngasih kepercayaan ke aku untuk terus menembak. Teman-teman juga memberi kepercayaan. Mereka support. Jadi enjoy aja mainnya tadi dan memang ingin jadi juara," tutur Prastawa.

Terpisah, pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh, menyebut timnya menikmati perjalanan tahun ini. Setelah bulan Agustus lalu menjadi juara IBL 2022, pada bulan November ini merasakan kekalahan pada final turnamen pramusim IBL 2023.

Performa tim sepanjang turnamen ini, termasuk partai final melawan Pelita Jaya, akan dijadikan sebagai sebuah pegangan untuk mengevaluasi tim.

Baca Juga

"Bahan bakar kita agak lumayan banyak buat ke depan setelah kalah sekarang. Saya lihat ini buat pelajaran banget," kata Youbel.

Tak jauh berbeda, hal sama diungkapkan Arki Dikania Wisnu. Menurut Arki, pada partai final ini Satria Muda tak bermain seperti biasa.

Baca Juga

Ia mengaku turut tanggung jawab dengan hal tersebut. Hasil pada turnamen pramusim ini menjadi pelajaran penting agar tak terulang pada IBL 2023.

"Ini sudah selesai. Kita bakal jadikan motivasi pada musim IBL nanti," ucap Arki.

Kini, Pelita Jaya, Satria Muda dan tim-tim lain punya waktu sebelum IBL 2023 bergulir pada awal tahun depan.

Baca Juga
IBLSatria Muda Pertamina JakartaAndakara PrastawaPelita Jaya JakartaBasketBerita Basket

Berita Terkini