x

NBA: Miami Heat Cetak Rekor Free Throw Tanpa Meleset Terbanyak Sepanjang Masa

Rabu, 11 Januari 2023 23:50 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi Tyler Herro (kanan) berduel dengan Nikola Jokic di laga NBA Denver Nuggets vs Miami Heat (31/12/22). (Foto: Reuters/Ron Chenoy-USA TODAY Sports)

INDOSPORT.COM — Pertandingan NBA hari ini diwarnai dengan Miami Heat yang berhasil memasukkan 40 dari 40 percobaan free throw dan menjadi yang terbanyak sepanjang masa.

Miami Heat yang kali ini berhasil unggul saat melawan Oklahoma City Thunder dengan skor tipis 112 – 111 menampilkan pertandingan unik.

Miami Heat yang diperkuat dengan bintang veteran NBA, Jimmy Butler, ternyata berhasil diimbangi oleh permainan tim kasta bawah, Oklahoma City Thunder.

Diketahui bahwa Thunder sekarang hanya berada di posisi 13 dari total 15 tim di wilayah barat dan memiliki rekor menang – kalah, 18 – 23.

Oklahoma City Thunder memang bukan tim yang dijagokan menang, mengingat bahwa para pemainnya masih terbilang muda dan tidak ada yang berperan sebagai sang veteran.

Baca Juga

Berbeda dengan Miami Heat yang memiliki Jimmy Butler dengan segudang pengalaman dan prestasi yang ia miliki.

Namun ternyata, Thunder, melalui duet Shai Gilgeous-Alexander dan Josh Giddey, berhasil membuat Heat kewalahan.

Baca Juga

Shai berhasil kantongi 26 poin sedangkan Giddey sendiri berhasil mendapatkan triple-double dengan mencetak 18 poin, 15 rebound, dan 10 assist.

Sedangkan untuk sisi Miami Heat, Jimmy Butler berhasil menampilkan permainan luar biasa dengan mencetak 35 poin dan 7 rebound.

Statistiknya memang terlihat biasa saja, namun yang mengejutkan adalah efisiensi pemain berusia 31 tahun ini dari garis tembakan penalti.

Baca Juga

1. 40/40 Free Throw Miami Heat

Pertandingan NBA antara Phoenix Suns vs Miami Heat. (Foto: REUTERS/Mark J. Rebilas)

Dalam pertandingan ini, Miami Heat mendapatkan total 40 tembakan bebas dari garis penalti dan berhasil memasukkan semuanya.

Hal ini pun langsung menjadi rekor tembakan free throw terbanyak tanpa meleset dengan menggeser Utah Jazz dengan 39/39.

Sedangkan Jimmy Butler sendiri berhasil mendapatkan 23 tembakan bebas dalam laga ini dan menjadi pemain kedua terbanyak dalam perolehan free throw tanpa meleset ini.

Hal ini mengimbangi rekor Dominique Wilkins yang juga berhasil memasukkan 23 dari 23 pada tahun 1992 lalu.

Posisi pertama dalam rekor ini masih dipegang oleh James Harden yang berhasil memasukkan 24 dari 24 saat ia masih berseragam Houston Rockets.

Baca Juga

Rekor yang sama juga pernah diraih Legenda hidup milik Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki, yang juga berhasil memasukkan 24 dari 24 yang saat itu juga sedang melawan Oklahoma City Thunder pada, Mei 2011 lalu.

Laga antara Miami Heat kontra Oklahoma City Thunder ini tentu mendatangkan banyak kontroversi perihal total 40 tembakan bebas yang mereka dapatkan.

Baca Juga

Wasit kali ini dinilai tidak adil dan cenderung menguntungkan Miami Heat dengan berbagai pelanggaran yang ia hadiahkan untuk menguntungkan Butler dan rekan-rekannya.

Namun tentu keputusan wasit adalah mutlak dan permainan tetap akan dimenangkan oleh Miami Heat yang sebenarnya juga sedang tidak diuntungkan.

Pasalnya, Miami Heat pada laga kali ini hanya menurunkan total delapan pemain saja saat melawan Thunder yang bertanding dengan semua pemain mereka.

Diketahui bahwa setengah dari pemain Miami Heat sedang terkena cedera ditambah lagi dengan keluarnya Dewayne Dedmon di kuarter kedua laga kali ini karena pelanggaran dan membuat Heat hanya memiliki tujuh pemain sepanjang sisa pertandingan.

Baca Juga

Sumber: The Sporting News

NBAMiami HeatOklahoma City ThunderJimmy ButlerBasketBerita Basket

Berita Terkini