x

5 Fakta Cleveland Cavaliers, Klub Masa Kecil LeBron James yang Baru Juara NBA Sekali

Senin, 16 Januari 2023 16:54 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
LeBron James kecewa dengan hasil yang didapat oleh Cleveland Cavaliers dalam 5 pertandingan terakhir, Kamis (26/01/17).

INDOSPORT.COM - Cleveland Cavaliers merupakan klub masa kecil pebasket tersohor LeBron James. Dari sederet fakta yang tersaji, ternyata klub peserta NBA 2022/2023 ini baru juara sekali. 

Cleveland Cavaliers memang bisa dibilang mengawali NBA 2022/2023 dengan performa yang meningkat dibanding musim-musim sebelumnya. 

Baca Juga

Bahkan pada pertengahan musim ini, mereka berhasil berada di peringkat kelima Wilayah Timur NBA 2022/2023 dengan catatan rekor 27-17. 

Tentu saja klub yang dijuluki Cavs ini masih punya ambisi untuk mengulangi musim fantastis ketika menjuarai NBA di tahun 2016 lalu. 

Namun, tujuh tahun yang lalu, gelar juara NBA berhasil direngkuh karena tim masih diperkuat local hero mereka yakni LeBron James. 

Baca Juga

Melihat penampilan klub masa kecilnya sedang cukup solid, ternyata memunculkan rumor bahwa LeBron James ingin pulang kampung. 

LeBron James sendiri sudah pernah bermain dengan Cleveland Cavaliers sebanyak dua kali dalam kariernya.

Diketahui bahwa Cleveland Cavaliers sedang melakukan banyak pergerakan pada musim transfer kali ini.

Baca Juga

Salah satunya rumor LeBron James yang memang dikabarkan akan hengkang dari Los Angeles Lakers pasca wawancaranya setelah menjalani laga melawan Miami Heat.

Selain rumor kepulangan LeBron James dalam waktu dekat, INDOSPORT sudah merangkum sejumlah fakta tentang Cavaliers. Simak selengkapnya di bawah ini. 


1. 1. Menanti 46 tahun

Golden State Warriors melawan Cleveland Cavaliers.

Ya, Cleveland Cavaliers memang harus menanti selama 46 tahun lamanya untuk merasakan gelar juara NBA pertamanya sejak berdiri pada 1970 silam. 

Mereka mengangkat trofi juara NBA pada 2016, yang tentunya berkat kontribusi LeBron James disertai Kyrie Irving saat menumbangkan Golden State Warriors di final. 

Baca Juga

Kemenangan itu juga mencatat sejarah baru di NBA, dengan Cavs menjadi satu-satunya tim dalam sejarah basket Amerika Serikat yang sempat tertinggal 1-3 di final, namun mampu membalikkan keadaan. 

2. Pernah Punya 2 Bintang dari NBA Draft

Cleveland Cavaliers ternyata bukan sembarang klub, sejarah mencatat mereka pernah punya 2 bintang sekaligus yang dicomot dari NBA Draft. 

NBA Draft sendiri merupakan acara tahunan yang sudah diadakan sejak 1947, dengan tim-tim peserta NBA bisa memilih pemain yang mereka rasa memenuhi syarat main di liga professional.

Baca Juga

Cavs pun memilih dua pemain dari NBA Draft yakni LeBron James dan Kyrie Irving. Dengan keduanya memiliki kontribusi besar untuk tim saat juara NBA pertama kali pada 2016. 

Sekarang, keduanya sudah tidak lagi di Cavs, dengan LeBron di Los Angeles Lakers dan Irving memperkuat Brooklyn Nets. 

3. Pemegang Rekor Kekalahan Beruntun Terbanyak NBA

Sebagai sebuah tim NBA, kompetisi basket paling elite di dunia, tentu tidak mau memiliki rekor memalukan seperti kekalahan beruntun terbanyak. 

Baca Juga

Namun itulah yang pernah dialami oleh Cleveland Cavaliers yang pernah terpuruk ketika ditinggal pemain top mereka, LeBron James ke Miami Heat di 2010. 

Setelah kepergiannya, Cavs seperti kehilangan kepalanya dan mengalami kekalahan 26 kali secara beruntun di NBA. 


2. 4. Tidak Identik dengan Satu Warna Jersey

Pertandingan NBA antara Portland Trail Blazers vs Cleveland Cavaliers. (Foto: REUTERS/Jaime Valdez)

Banyak yang menganggap bahwa Cleveland Cavaliers identik dengan warna jersey merah tua khas Cavaliers. 

Anggapan itu dikarenakan karena tim berjuluk Cavs ini memang cukup lama berkecimpung di NBA dengan warna jersey tersebut. 

Namun di masa lalu, ternyata Cavs tidak identik dengan satu warna jersey saja. Mereka pernah berganti-ganti warna jersey, mulai dari biru, oranye hingga hitam. 

Baca Juga

5. Lima Musim Pertama di NBA Berjalan Buruk

Di awal-awal perjalanannya di NBA, Cleveland Cavaliers bisa dibilang berjalan buruk. Mereka terseok-seok dan menelan banyak kekalahan. 

Namun situasi berangsur baik hingga di musim keenam, yakni pada 2016, mereka berhasil keluar sebagai juara NBA untuk kali pertama dalam sejarah klub. 

Ketika baru ditinggal LeBron James untuk kedua kalinya pada 2018, Cavs juga sempat kesulitan. Namun mereka kini kembali bangkit, khususnya pada NBA 2022/2023 ini.

NBALeBron JamesCleveland CavaliersKyrie IrvingBasket

Berita Terkini