x

5 Rekor NBA yang Terpecahkan di Satu Pertandingan, Siapa Saja?

Sabtu, 28 Januari 2023 18:13 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Wilt Chamberlain.

INDOSPORT.COM - Kompetisi terbaik basket dunia NBA selalu menyajikan tontonan seru. Baru-baru ini, terdapat 5 rekor NBA yang terpercahkan dalam satu pertandingan. 

Kompetisi yang punya nama lengkap National Basketball Association ini tidak hanya mempertontonkan persaingan gelar juara, tapi juga statistik fantastis. 

Baca Juga

Sudah bergulir selama 70 tahun lamanya, NBA sudah mengukir banyak rekor yang dihasilkan di setiap pertandingan. 

Bahkan ada rekor legendaris terpercahkan, karena tercipta langsung dalam satu pertandingan NBA. Berikut INDOSPORT sudah rangkum 5 rekor tersebut. 

1. Wilt Chamberlain (55 rebound)

Nama Wilt Chamberlain sudah melegenda di jagat bola basket NBA. Saking hebatnya, dia memegang tiga rekor yang mustahil dipecahkan oleh pemain lainnya.

Baca Juga

Wilt Chamberlain merupakan pemain yang disebut mesin pencetak angka. Memanfaatkan postur tubuhnya, dia sangat andal dalam urusan mencetak poin dan rebound.

Wilt Chamberlain sangat handal dalam urusan rebound. Tercatat ia memuncaki daftar rebound sepanjang masa dalam sejarah NBA. Chamberlain melakukan rebound 23.924 kali. 

Tepat pada 24 November 1960 silam, Wilt Chamberlain yang bermain untuk Philadelphia Warriros membuat 55 rebound dalam satu pertandingan menghadapi Bolton Celtics. 

Baca Juga

Statistik 55 rebound ini masih menjadi rekor rebound terbanyak yang dicapai seorang pemain NBA dalam satu pertandingan resmi. 

Tidak hanya itu, Chamberlain memang masuk dalam jajaran legenda NBA, dengan meraih dua kali gelar juara dan empat kali dilabeli MVP.


1. 2. Wilt Chamberlain (100 poin)

Wilt Chamberlain

Tidak hanya rebound, Wilt Chamberlain juga masih memegang rekor dengan catatan skor tertinggi hanya dalam satu pertandingan NBA. 

Pada tahun 1962 silam, dia sukses mencatat 100 poin saat Philadelphia Warriros mengalahkan New York Knick  dengan skor 169-147. 

Baca Juga

Dikutip dari laman resmi NBA, dia sangat superior tak terkalahkan di malam tersebut, dengan 23 poin di kuarter pertama, 41 poin sebleum jeda.

Pada kuarter ketiga dia mengumpulkan sebanyak 28 poin yang membuat fans menyerukan untuk pemain lain menyerahkan bola kepada Wilt. 

Sementara itu, pemain NBA yang mendekati 100 poin dalam satu pertandingan milik Chamberlain adalah Kobe Bryant. Saat itu, legenda LA LAkers tersebut mencetak 81 poin pada 2006.

Baca Juga

3. Dale Ellis (main selama 69 menit)

Untuk pemain sepak bola, bermain 70 menit atau bahkan 120 menit dengan perpanjangan waktu 2x15 menit, memang sudah biasa. 

Tapi untuk seorang pemain basket, waktu tersebut sangatlah lama. Karena biasanya pebasket kisaran waktu bermainnya hanya 40 menit dalam satu laga, bahkan bisa kurang dari itu. 

Namun narasi di atas, terbantahkan pada November 1989 silam kala Dale Ellis membuktikan pebasket bisa saja bermain dalam waktu yang lama. 

Baca Juga

Dia membuktikan nafasnya amat panjang dengan main selama 69 menit, ketika membela Seattle Super Sonics. 

Namun sayang, nafas panjang Ellis tidak mampu memenangkan Super Sonics, yang kalah dari Milwaukee Bucks dengan skor 155-154.


2. 4. Elmore Smith (17 blok)

Pertandingan NBA antara Los Angeles Lakers vs Memphis Grizzlies. (Foto: REUTERS/Gary A. Vasquez)

Mantan penggawa Los Angeles Lakers, Elmore Smith merupakan salah satu Center terbaik sepanjang sejarah NBA. Pasalnya ia memegang rekor terbanyak blok dalam satu laga.

Elmore Smith mampu menciptakan 17 blok yang menjadi rekor hingga saat ini pada 28 Oktober 1973 kala membela LA Lakers saat melawan Portland Trail Blazers.

Uniknya di tahun 1973 itu pula, Elmore Smith mampu menciptakan 10 blok atau lebih dalam empat laga yang dimainkannya bersama LA Lakers.

Baca Juga

5. Scott Skilles (30 assist)

John Stockton memang legenda dengan catatan assist terbanyak di sejarah NBA dengan total 15.806. Namun bukan dia yang masuk dalam buku rekor satu pertandingan NBA. 

Melainkan Scott Skiles yang sampai sekarang masih mempertahankan rekor assist terbanyak dalam satu pertandingan resmi NBA. 

Dia menciptakan 30 umpan berujung angka untuk timnya kala itu Orlando Magic. Timnya juga mengalahkan Denver Nuggets di tahun 1990 silam.

NBAWilt ChamberlainBasket

Berita Terkini