x

Menpora Ungkap Harapan Besar untuk Timnas Basket 3x3 di SEA Games 2023

Selasa, 11 April 2023 15:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Menpora Dito Ariotedjo mengungkapkan harapannya untuk Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia jelang SEA Games 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI), Dito Ariotedjo, mengungkapkan harapannya terhadap Timnas Basket 3x3 Putra di SEA Games 2023.

Ia berharap Timnas Basket 3x3 Putra bisa bersaing dengan negara-negara peserta lain dan tentunya membawa pulang medali ke Tanah Air.

“Kita berdoa supaya bisa meraih medali emas ya,” ujar Dito Ariotedjo usai meninjau Pelatnas Timnas Basket 3x3 Putra di GBK Arena, Senayan, Jakarta, Selasa (11/04/23).

Lebih lanjut, Menpora juga mengatakan, bahwa Timnas Basket 3x3 Putra harus bisa memanfaatkan momentum saat di SEA Games 2023 di Kamboja.

Ia menilai, berpartisipasi di SEA Games 2023 bisa menambah pengalaman para pemain timnas untuk menghadapi kompetisi-kompetisi lainnya.

Baca Juga

Menpora pun melihat persiapan jelang SEA Games 2023 yang telah digelar Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia sejauh ini sudah cukup baik.

“Setelah SEA Games di Kamboja, saya harap yang penting Timnas Basket 3x3 ini bisa lanjut untuk menghadapi ajang lainnya misalnya Asian Games atau yang lain,

Baca Juga

“Jadikan SEA Games ini ajang pemanasan begitu ya kira-kira. Saya lihat persiapannya sudah bagus ini,” kata Menpora lagi.

Sementara itu, perkembangan Timnas Basket 3x3 jelang bertanding di Kamboja juga dibeberkan sang manajer, Wijaya Saputra alias Wijin.

Ia mengatakan bahwa para pemain akan terus berlatih dengan maksimal agar bisa membawa pulang medali, terutama emas, untuk kontingen Indonesia.

Baca Juga

1. Persiapan Timnas Basket 3x3 Putra

Manajer Timnas Basket 3x3, Wijaya 'Wijin' Saputra. Foto: Shintya Maharani/INDOSPORT.

Bukan hanya itu, Wijin juga berharap para pemain ke depannya makin kompak supaya kerja sama tim tetap terjaga dengan baik.

“Saat ini ada sembilan pemain hasil seleksi. Saya harap mereka kompak di sisa waktu yang ada, dan kita berusaha semoga target tercapai,” jelasnya.

Lantas bagaimana dengan peta persaingan di cabor basket 3x3 SEA Games 2023? Bicara soal ini, Wijin pun memastikan Indonesia tidak akan menganggap remeh lawan.

“Semua tim kita waspadai, nggak boleh dianggap enteng. Saya rasa semua tim nantinya bagus,” jelasnya.

“Misalnya ada Filipina, Thailand, dan tuan rumah pasti akan turun dengan kekuatan penuh,” tambah mantan pemain CLS Knight tersebut.

Baca Juga

Basket 3x3 sendiri merupakan salah satu cabor yang di pertandingan di SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja pada bulan Mei mendatang.

Dari negara-negara yang disebutkan Wijin, Filipina dan Thailand nampaknya bakal menjadi lawan yang cukup tangguh di SEA Games 2023.

Baca Juga

Sebelumnya, dua tim dari negara tersebut berhasil membawa pulang medali perunggu dan emas di SEA Games edisi sebelumnya di Vietnam.

Di sisi lain, Indonesia juga membawa pulang perunggu di kategori 3x3 Putri yang berisikan sejumlah pemains seperti Kimberley Pierre-Louis dan Nathania Claresta Orville.

Kini, Timnas Basket 3x3 Putra berbenah dan bertekad meraih hasil yang lebih baik, apalagi setelah mendapat suntikan semangat dari Menpora dan Ketua PP Perbasi, Danny Kosasih.

Baca Juga

Sumber: kemenpora.go.id

MenporaBasket 3x3BasketBerita OlahragaBerita BasketSEA Games 2023Dito Ariotedjo

Berita Terkini