x

Drawing Timnas Basket di SEA Games 2023: Mencekam, Dihadang Tim-Tim Tangguh

Kamis, 20 April 2023 11:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Basket Indonesia tergabung di grup mencekam di SEA Games 2023.

INDOSPROT.COM – Timnas Basket Indonesia tergabung di grup mencekam di SEA Games 2023 bersama sejumlah tim menantang Asia Tenggara seperti Thailand dan Singapura.

Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yakni SEA Games 2023 sebentar lagi akan terselenggara yakni pada 5 hingga 17 Mei mendatang di Kamboja.

Salah satu cabang olahraga andalan Indonesia yakni basket akan melakoni ujian yang cukup berat untuk mempertahankan gelar juara di SEA Games.

Tim asuhan Milos Pejic tergabung di grup yang cukup berat yakni grup A bersama tuan rumah yakini Kamboja, lalu ditemani Thailand dan Singapura, yang notabene merupakan tim yang cukup tangguh.

Buktinya, pada SEA Games edisi sebelumnya, Marques Bolden dkk cukup kesulitan menghadapi Thailand meski pada akhirnya menang tipi, begitu juga Singapura.

Baca Juga

Menggunakan sistem round robin, Timnas Basket Indonesia sukses mengalahkan Thailand dengan skor 78-75 serta menang atas Singapura dengan skor 91-61 di SEA Games Vietnam.

Maka dari itu, drawing Indonesia bisa dibilang lebih berat dari Filipina yang dikenal sebagai raja basket Asia Tenggara yang tergabung di Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Myanmar.

Baca Juga

Sementara itu, selain mewaspadai Thailand dan Singapura yang merupakan lawan terberat di SEA Games 2023, Timnas Basket Indonesia juga harus menaruh perhatian kepada Kamboja.

Kamboja sendiri akan menurunkan 10 pemain keturunan Amerika Serikat. Bermain di kandang sendiri tentu bisa menambah kepercayaan diri skuat tuan rumah.

Sayangnya, Timnas Basket Indonesia harus kehilangan pemain andalan di SEA Games 2023 seperti Marquez Bolden hingga Derrick Michael Xzavierro.

Baca Juga

1. Siap Pertahankan Gelar?

Timnas Basket Indonesia berada di Grup A SEA Games 2023. Foto: fiba.basketball.

Seperti yang telah diketahui, Timnas Basket Indonesia berhasil mencetak sejarah meraih medali emas untuk pertama kalinya SEA Games 2021 di Vietnam.

Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mengalahkan Filipina yang dikenal sebagai langganan emas SEA Games dengan skor tipis 85-81.

Indonesia sukses mencetak sejarah memenangkan medali emas usai finis di posisi puncak grup dengan sisten round robin dengan catatan 12 poin, sementara Filipina di posisi kedua dengan 11 poin.

Tentu hasil yang cukup positif bagi tim basket Tanah Air yang prestasinya paling baik meraih empat medali perak dan tiga perunggu di sepanjang gelaran SEA Games.

Dengan catatan positif di edisi sebelumnya, Timnas Basket Indonesia berambisi untuk menorehkan hasil yang serupa di SEA Games 2023 di Kamboja.

Baca Juga

Saat ini, tim asuhan Milos Pejic itu tengah melakoni pemusatan latihan di Australia dan menggelar beberapa pertandingan uji coba melawan tim Liga Profesional (NBL1).

Tak hanya itu, pemain kebanggaan basket Indonesia yakni Lester Prosper juga sudah bergabung dengan tim di Australia dan diprediksi akan turun di SEA Games 2023.

Baca Juga

Tentu dengan bergabungnya Lester Prosper, ia bisa menambah daya gedor tim basket di SEA Games karena pebasket keturunan ini memiliki catatan gemilang di Liga Korea Selatan.

Sementara itu, ambisi untuk kembali meraih medali emas sendiri diungkapkan oleh Ketua Umum (Ketum) PP Perbasi, Danny Kosasih, beberapa waktu lalu.

“Kami ingin mempertahankan emas yang telah kami raih di SEA Games Hanoi. Untuk itu kami perluas persiapan terbaik. Itulah kenapa kami kembali ke Australia yang bola basketnya sudah level dunia,” kata Danny Kosasih.

Baca Juga

Sumber: IBL Indonesia

Timnas Basket IndonesiaBasketBerita BasketSEA Games 2023

Berita Terkini