x

NBA Makin Manjakan Fans Bola Basket di Indonesia, Apa Itu?

Senin, 6 November 2023 22:50 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Merchandise resmi NBA di Indonesia kini resmi bisa didapatkan di gerai-gerai offline seperti mall. (Foto: REUTERS/Quinn Harris)

INDOSPORT.COM - Para pecinta bola basket Indonesia tampaknya cukup beruntung saat ini. Para fans terbilang cukup mudah untuk mendapatkan merchandise resmi tim-tim NBA kesayangan mereka.

Jika sebelumnya merchandise resmi NBA di Indonesia hanya bisa didapatkan melalui online saja, sejak akhir akhir Maret 2022 NBA membuat terobosan baru dengan mengumumkan kemitraan merchandising untuk jangka panjang di Indonesia dengan lebih dari 1.100 gerai ritel.

Baca Juga

Meski bola basket belum sepopuler sepak bola di Indonesia, penjualan merchandise klub-klub NBA ternyata cukup moncer di tanah air. Terlebih setelah kemudahan diberikan NBA dengan menggandeng mitra lokal dan menjual di mall-mall.

Setelah berjalan lebih dari setahun, penjualan merchandise NBA offline di gerai-gerai cukup memuaskan.

Hal ini diungkap Panji Cakrasantana selaku Brand Marketing General Manager salah satu toko perlengkapan olah raga Planet Sports Asia.

"Memang untuk NBA kita sudah pegang lisensinya langsung dari NBA. Didistribusikan oleh MAP Active. Kita sediakan berbagai macam merchandise NBA," kata Panji Cakrasantana.

Baca Juga

"Dari sesi penjualan juga bagus. Di Indonesia sendiri tren orang suka basket sedang naik. Dari tren penjualan juga meningkat," tambahnya.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, merchandise NBA yang dijual di Indonesia menjadi semakin beragam dan menarik. Kaos, polo, hoodie dan jaket lisensi resmi NBA bisa diproduksi di Indonesia dan dijual di mall-mall.

Penjualan merchandise NBA di Indonesia sendiri masih didominasi klub-klub besar seperti Los Angeles Lakers, Chicago Bulls dan Golden State Warriors. Namun tak hanya menjual dari klub besar saja, tapi juga menyediakan merchandise tim-tim kecil.

"Untuk klub yang laku yang big market ya seperti Los Angeles Lakers, Golden State Warriors dan Chicago Bulls. Tapi kita hadirkan merchandise variatif sih. Jadi tim-tim kecil juga ada kami disediakan," lanjut Panji.

Baca Juga

1. Semakin Beragam

Penyerang Los Angeles Lakers LeBron James saat menguasai bola mencoba melewati lawan Sacramento Kings pada laga NBA di Golden 1 Center. (Foto: REUTERS/Cary Edmondson)

Yang menarik, merchandise NBA yang ingin dibeli bisa langsung di custom sesuai keinginan agar lebih keren lagi di zona “Create Your Own”. 

"Setelah melakukan pembelian, pelanggan bisa menambahkan nama atau karakter khusus pada t-shirt, sepatu, dan topi,” tambah Panji.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, merchandise NBA yang dijual di Indonesia menjadi semakin beragam dan menarik. Kaos, polo, hoodie dan jaket lisensi resmi NBA bisa diproduksi di Indonesia.

Baca Juga
NBALos Angeles LakersChicago BullsGolden State WarriorsBursa Transfer NBABasket

Berita Terkini