Tak Hanya Stadion BMW, Jakarta Punya Sekolah Berkuda Standar Internasional

Minggu, 15 Desember 2019 11:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP)
Prasasti berkuda diresmikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta. Copyright: © Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP)
Prasasti berkuda diresmikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Penikmat olahraga berkuda di Jakarta sepertinya bakal semakin mudah untuk menyalurkan minarnya, terlebih setelah ibu kota memiliki Sekolah Berkuda Standar Internasional.

Jakarta baru saja meresmikan Academy Pulomas dan Equinara Pulomas Breeding Centre (Pusat Pengembangbiakan Kuda). Prasasti berkuda ini diresmikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP).

JIEPP dapat dijadikan salah satu destinasi wisata olahraga di ibu kota. Tak main-main Venue ini memiliki fasilitas equestrian terbaik di Asia Tenggara dengan lahan seluas 35 hektar.

Fasilitas di sana berupa kapasitas 1.000 kursi tribun, 162 kandang kuda, arena pemanasan kuda, arena latihan (indoor dan outdoor), arena Cross Country, Rumah Sakit Kuda (Equine Clinic), dan pusat peternakan kuda sport premium.

Tak hanya itu, nantinya dengan ada sekolah berkuda ini diharapkan menjadi pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi.

"Alhamdulillah hari ini equinara diresmikan sebagai tempat untuk breeding kuda kelas dunia dan kami berharap nantinya kuda potensial akan lahir di tempat ini dan bisa mewarnai percaturan dunia," kata Anies Baswedan.

"Kami di Jakarta merasa bangga bahwa kota ini menjadi salah satu pusat untuk breeding kuda kuda kelas dunia. Kami menyadari ketika membangun infrastruktur Asian games, kami membangun infrastruktur kelas dunia," cetusnya.

"Bahkan, pada saat itu atlet yang datang dan pemilik kuda yang datang hampir semua kembali dengan impresi rasa kagum atas equestrian yang kita miliki," tandas Anies.

Sementara itu CEO Equinara, Adinda Yuanita, mengatakan bahwa dengan menggunakan kurikulum standar internasional dapat menghasilkan atlet berkuda andal untuk Indonesia.

"Equinara Academy akan menjadi pusat latihan olahraga berkuda yang bertujuan untuk mencetak atlet-atlet muda berprestasi di berbagai Multievent," tukas Adinda.