x

Atlet di Indonesia Masters Keracunan Massal, PBSI Sesalkan Tidak Ada Laporan Resmi

Jumat, 10 Juni 2022 17:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Kabar kurang sedap terjadi di perhelatan Indonesia Masters 2022 setelah pebulu tangkis Malaysia dan sejumlah atlet lain dikabarkan mengalami keracunan makanan.

INDOSPORT.COM - Kabar kurang sedap terjadi di perhelatan Indonesia Masters 2022 setelah pebulu tangkis Malaysia dan sejumlah atlet lain dikabarkan mengalami keracunan makanan. PBSI pun merespons. 

Pebulutangkis Malaysia, Low Juan Shen, mengeluhkan layanan hotel di Jakarta saat tampil di Indonesia Masters 2022. Dia dan sejumlah pemain dari negara lain, termasuk Indonesia, mengalami sakit perut.

Baca Juga

Hal itu disampaikan dalam akun media sosialnya lewat live Instagram, Jumat (10/06/22). Dia bilang keracunan makanan dan diare hingga badannya lemas.

Terkait hal ini, PBSI selaku panitia penyelenggara Indonesia Masters angkat suara. Melalui Kepala bidang Humas dan Media PBSI, Broto Happy meluruskan kabar tersebut.

Namun Broto menyayangkan tidak ada laporan resmi yang diterima PBSI terkait permasalahan ini. Terlebihi permasalahan ini mengapa diutarakan melalui media sosial.

Baca Juga

"Problemnya adalah ketika ada kasus, kita bukan mau menyalahkan, harusnya kalau ada masalah, kasih tau kami dulu," buka Broto.

"Tapi ternyata era medsos dan lebih banyak di-share ke medsos. Malaysia juga belum lapor secara resmi ke panitia pertandingan," tegas Broto.

Sementara itu Deri Destan, tim Humas dan Media PBSI, mengatakan PBSI baru mengetahui kabar ini pagi tadi.

Baca Juga

"Benar, kita juga taunya lebih dari medsos & media, karena enggak ada laporan resmi yang mengatakan ada atlet yang bermasalah dari tim manajer," kata Dery.


1. Lakukan Investigasi

Logo PBSI.

Dery menambahkan kasus ini tidak hanya menimpa atlet dari Malaysia, namun ada juga dari negara lain. Tetapi Dery mengaku PBSI masih melakukan investigasi terkait kasus ini.

"Jadi kebanyakan pemain Malaysia, lalu ada beberapa negara lain tapi ya kembali lagi kita crosscheck, sedang liat dari mana asal mulanya kasus ini muncul," tambah Dery.

Baca Juga

"Sejauh ini, kita belum terima laporan resmi dari para manajer tim. Tapi dari tadi Malaysia sekitar lima orang, hanya itu yang baru kami terima infonya dan enggak ada yg main hari ini," pungkas dia.

"Kami sudah bawa atlet tersebut ke rumah sakit netral (tak kerja sama dengan pbsi/hotel). Jadi sudah dibawa ke RS dan kita masih nunggu hasilnya," tutup dia.

Sebelumnya, dikabarkan alami keracunan makanan sampai harus mundur dari Indonesia Masters 2022, ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon, mengungkap kalimat keluhan di medsos.

Baca Juga

Perlu diketahui, Chan Peng Soon kembali berpasangan dengan Cheah Yee See, dan cukup bersemangat menjajal gelaran turnamen bulutangkis super 500, Indonesia Masters 2022.

Turnamen bulutangkis tersebut berlangsung pada 7-12 Juni 2022 di Istora Senayan, Jakarta, dengan euforia penonton yang diperbolehkan menonton di venue.

Meski baru kembali dipasangkan sejak berpisah pada 2018 lalu, namun Chan Peng Soon/Cheah Yee See mampu menjalin chemisty dengan baik.

Baca Juga

Terbukti, mereka pun bisa melewati hadangan di babak 32 besar usai menang 21-17 dan 21-10 atas wakil Malaysia lainnya Soong Joo Ven/Goh Liu Ying.


2. Singkirkan Ganda Nomor 2 Dunia, Apriyani/Fadia Tapaki Semifinal

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Sementara itu, hasil pertandingan ganda putri Indonesia Masters 2022 antara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Lee So Hee/Shin Seung Chan memberikan kabar baik.

Laga ganda putri Indonesia Masters 2022 mempertemukan pasangan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Mengawali gim pertama, pasangan Indonesia sempat unggul lebih dahulu dengan 2-1 atas pasangan Korea Selatan.

Namun demikian, beberapa kesalahan yang dibuat oleh Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti membuat pasangan Korea Selatan unggul jauh dengan 3-5.

Keunggulan pasangan Korea Selatan, Lee So Hee/Shin Seung Chan terus bertambah dan berubah menjadi 8-4 atas Apriyani/Fadia jelang interval pertama gim pertama usai.

Baca Selengkapnya: Hasil Indonesia Masters 2022: Singkirkan Ganda Nomor 2 Dunia, Apriyani/Fadia Tapaki Semifinal

PBSIIndonesia MastersBulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2022

Berita Terkini