Mengharukan! Atlet Korea Bersatu Ucapkan Salam Perpisahan

Rabu, 29 Agustus 2018 09:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Yonhap
Tim Dayung Korea bersatu saling mengucapkan kalimat perpisahan Copyright: © Yonhap
Tim Dayung Korea bersatu saling mengucapkan kalimat perpisahan

INDOSPORT.COM – Para atlet dayung Korea Bersatu saling mengucapkan kalimat perpisahan setelah berlaga bersama di Asian Games 2018 di Palembang, Indonesia.

Para atlet dayung Korea Utara telah kembali ke negara asalnya pada Selasa (28/08/18) pukul 17.00 WIB, sedangkan atlet Korea Selatan menyusul dua jam kemudian.

Sebelumnya, atlet Korea Utara yang siap menaiki bus untuk pergi ke bandara, dilepas kepergiannya dengan hangat sembari memberikan kata-kata perpisahan dari kedua belah pihak di depan Wisma Atlet Jakabaring.

Perpisahan ini berlangsung dengan dramatis dan penuh air mata. Mereka juga saling memeluk satu sama lain, dan memberikan pesan dan kesan yang dituliskan kedua pihak di belakang kartu identitas masing-masing.

"Kami akan bertemu lagi. Kami adalah satu!" teriak para atlet, dilansir dari laman Yonhap.

Kedua negara yang sempat bersitegang ini melakukan latihan bersama selama 20 hari di Chungju, Korea Selatan, sebelum berangkat ke Palembang.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa tim Korea Bersatu memenangkan medali di acara multi-olahraga internasional. Tim wanita berhasil memenangkan emas di nomor 500 m, medali perunggu di 250 m. Sementara tim pria memperoleh medali perunggu di 1.000 m.

Ketika tim wanita meraih kemenangan, lagu Arirang diputar sebagai lagu kebangsaan Korea Bersatu, dan merupakan pertama kalinya lagu tersebut dimainkan di kompetisi internasional.

"Dalam kompetisi ini, Korea Utara dan Selatan bergandengan tangan untuk menghasilkan hasil yang berarti. Aku yakin kita akan punya hari lain untuk bergabung bersama," kata pelatih Korea Utara, Kim Kwang-chol.

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT.