eSports

Indonesia jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Free Fire, Wishnutama: Kalahkan Brasil!

Rabu, 12 Februari 2020 21:26 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia Free Fire, begini komentar Menparekraf, Wishnutama Kusubandio. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Indonesia jadi tuan rumah kejuaraan dunia Free Fire, begini komentar Menparekraf, Wishnutama Kusubandio.

INDOSPORT.COM – Indonesia resmi terpilih untuk menjadi tuan rumah perhelatan eSports level dunia, yakni Free Fire Champions Cup 2020 pada bulan April mendatang. Begini pesan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Wishnutama Kusubandio.

Free Fire memang merupakan salah satu game eSports paling digandrungi di seluruh dunia. Menariknya, Indonesia justru memiliki potensi besar lantaran kerap kali menjuarai turnamen Free Fire di kancah internasional.

Selain itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan jumlah pengunduh game Free Fire terbanyak, maka tak heran jika Garena berharap banyak pada Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada tahun 2020 ini.

Sebelumnya di tahun 2019, Thailand dan Brasil juga sudah menggelar turnamen Free Fire level dunia, dan salah satu dari event tersebut justru dimenangkan oleh tim EVOS eSports dari Indonesia.

Lantas, Kemenparekraf pun menyambut antusias jika Indonesia menjadi tuan rumah Free Fire Champions Cup 2020, karena akan ada banyak keuntungan yang didapat dari sisi ekonomi dan pariwisata.

“Pertama, dari sisi ekonomi kreatif, kami harap eSports ini menjadi besar beserta ekosistemnya,” papar Wishnutama Kusubandio dalam sesi konferensi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senin (10/02/20) lalu.

“Kedua, dari sisi pariwisata, dengan membuat event-event yang bisa menciptakan daya tarik internasional. Free Fire Champions Cup mempunyai daya tarik bagi orang-orang untuk mengenal eSports, dan orang luar negeri tertarik untuk datang ke Indonesia,” pungkasnya.

Kemudian, sosok utama di balik suksesnya upacara pembukaan Asian Games 2018 lalu itu pun meminta Garena Indonesia untuk menggelar Free Fire Champions Cup 2020 jauh lebih megah dari Brasil dan Thailand.

Selain soal kemegahan acara, Wishnutama juga berharap para pemain Free Fire yang akan mewakili Indonesia dapat meraih prestasi kembali, dan mengharumkan nama Indonesia di dunia eSports.