eSports

Siap Libas Game eSports, Ini Tips Lengkap Rakit PC Gaming 4 Jutaan

Rabu, 3 Juni 2020 02:09 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PCmag.com
Ilustrasi PC Gaming Copyright: © PCmag.com
Ilustrasi PC Gaming

INDOSPORT.COM - Game kini sudah menjadi hiburan utama di masyarakat. Bahkan industri satu ini sudah mulai menyaingi film dan musik. 

Adanya ranah eSports membuat game kini tak lagi dipandang sebelah mata dan sekadar permainan anak-anak. Pemain-pemain profesional pun bermunculan. 

Kyle 'Bugha' Giersdorf bahkan menjadi jutawan setelah berhasil menjadi juara dunia Fortnite. Kisah Bugha juga diikuti oleh para pro player eSports lainnya di seluruh dunia.

PC sebagai salah satu media permainan menjadi pilihan utama bagi para gamer yang ingin menjamah ranah eSports. Berbeda dengan konsol, PC menawarkan banyak pilihan game dari segala genre. 

Lusinan game  eSports pun dimainkan dengan platform PC. Sayang, berbeda dengan smartphone atau konsol, harga PC Gaming tergolong sangat mahal. 

Namun jangan kecil hati. Jika Anda ingin menjadi pemain game eSports, cukup sediakan modal di bawah Rp5 juta, Anda sudah bisa bermain game eSports popular seperti Dota2, Fortnite, CSGO, Overwatch, PUBG, di PC. Berikut tips dan triknya. 

BUILD PC 4 Jutaan

Memiliki PC Gaming tak selamanya harus mahal. Jika Anda mampu memilih spec yang tepat, maka Anda bisa mewujudkan hal tersebut. Dalam tips dan trik merakit PC Gaming 4 jutaan, Anda bisa memilih spec dengan budget terbatas seperti yang kami ulas di bawah ini.

Prosesor

Prosesor menjadi bagian paling penting dalam merakit PC Gaming. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa mengarahkan pada chipset besutan AMD .

Kami menyarankan Anda memilih prosesor AMD Ryzen 3 dengan series 3200G. Prosesor ini memiliki segudang kelebihan dengan harga yang terjangkau. 

Ryzen 3 3200G misalnya, prosesor ini sudah menawarkan empat core dengan base clock mencapai 3,6GHz dan mendukung overcloacking. Kelebihan lainnya adalah Ryzen 3 3200G memiliki kartu grafis yang sudah menyatu yakni Vega 8. 

Jadi, Anda tak perlu perlu bingung mencari kartu grafis baru. Cukup dengan memiliki proses Ryzen 3 3200G, Anda sudah bisa melibas game-game eSports dengan nyaman. 

Prosesor Ryzen 3 3200G dibanderol dengan harga Rp1,3 sampai Rp1,4 jutaan. Anda juga bisa memilih series 2200G dengan spesifikasi yang cukup sama namun dengan pengurangan base clock

Motherboard/Mainboard

Untuk motherboard, pilihan yang ada pun cukup beragam. Jika budget Anda di bawah Rp800 ribu, Anda bisa mendapatkan ASRock A320-HDV. 

Motherboard ini sudah support AM4 yang bisa dipakai untuk prosesor Ryzen 3 sampai Ryzen 5. Namun, ASRock A320-HDV belum support untuk overcloacking

Jika Anda memiliki budget motherboard di angka Rp1,4 jutaan, Anda bisa memilih ASRock B450 Pro4 atau MSI B450 Tomahawk sebagai alternatif pilihan.

Dua motherboard ini menawarkan banyak kelebihan seperti quadchannel (RAM) dan overcloacking serta bisa diandalkan jika Anda ingin melakukan upgrade prosesor dan kartu grafis di masa depan.

RAM

Untuk RAM, Anda memiliki pilihan yang lebih beragam di banding bagian lainnya. Kami menyarankan Anda untuk membeli dua buah RAM 4GB (2x4G) dengan frekuensi 2666MHz. 

Anda bisa memilih RAM dari pabrikan T-Force Vulcan Z atau pun Patriot seri Viper yang harganya berkisar antara Rp700-800 ribuan saja. 

SSD dan Harddisk

Untuk PC gaming modern, Anda wajib memiliki SSD sebagai ruang penyimpanan. Tak perlu yang mahal-mahal, Anda cukup membeli SSD dengan kapasitas 120GB. 

SSD sangat penting untuk menyimpan sistem seperti windows dan aplikasi-aplikasi praktis lainnya. Harga SSD 120GB berkisar antara Rp300-400 ribuan. Anda bisa memilih merk Kingston A400 atau pun Galax dan Adata. 

Sementara untuk Harddisk, Anda cukup membeli yang berkapasitas 500GB dari Seagate dengan harga Rp250 ribu saja. Harddisk penting untuk menyimpan game-game kesayangan Anda. 

Power Supply (PSU)

Power supply bisa dibilang sebagai jantung dari PC Anda. Memilih PSU tidak bisa sembarangan karena sangat vital untuk perangkat Anda. 

Kami menyarankan Anda untuk membeli PSU berkapasitas 400-450 Watt. Anda bisa mempertimbangkan tiga pilihan berikut, yakni Corsair CV450W, Seasonic Eco 430W, atau Thermaltake 500W. 

Ketiga PSU di atas sudah memiliki sertifikat 80+ Bronze yang mempunyai efisiensi daya yang sangat baik. Harganya pun masih terjangkau di sekitaran Rp500-600 ribuan. 

Casing

Untuk pilihan casing Anda bebas memilih casing dengan kisaran harga Rp250-400 ribuan. Kami menyarankan Anda memilih casing dengan merk Cube Gaming, Sades, atau pun Armageddon yang menawarkan kualitas mumpuni di harga yang sangat terjangkau. 

Kesimpulan

Dengan mengumpulkan spesifikasi di atas, Anda bisa memainkan hampir semua game eSports dengan nyaman. Untuk game Dota2, League of Legens, CSGO, dan beberapa lainnya Anda bisa bermain pada 1080p dengan setting-an high

Sementara untuk game lebih berat seperti Fortnite, Apex Legends, PUBG, Tomb Rider, GTA V dan lainnya, Anda bisa memainkannya pada 720p-1080p dengan setting-an low-medium

Total Budget

Prosesor Rp1,4 juta
Motherboard Rp750 ribu
RAM Rp800 ribu
SSD Rp430 ribu
Harddisk Rp250 ribu
PSU Rp650 ribu
Casing Rp350 ribu

Perkiraan total budget Rp4,630 juta (*harga Juni 2020)

IDS Emoticon Suka
Suka
56%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
11%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
11%
IDS Emoticon Takut
Takut
11%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
11%