eSports

On This Day: eSports Indonesia Raih Emas Perdana di Asian Games

Jumat, 28 Agustus 2020 16:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Tepat hari ini, 28 Agustus 2018 lalu, Indonesia mulai menancapkan tonggak prestasi di dunia eSports. Copyright: © INDOSPORT
Tepat hari ini, 28 Agustus 2018 lalu, Indonesia mulai menancapkan tonggak prestasi di dunia eSports.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, 28 Agustus 2018 lalu, Indonesia mulai menancapkan tonggak prestasi di dunia eSports.

Bertepatan dengan momentum pesta olahraga Asian Games 2018, di mana Indonesia resmi menjadi tuan rumah, dan menggelar cabang olahraga eksibisi eSports.

Ada enam game eSports yang dipertandingkan, mulai dari Arena of Valor, Clash Royale, Hearthstone, League of Legends, Pro Evolution Soccer, dan Starcraft II.

Indonesia sukses meraih satu medali emas dan satu medali perak dari cabang olahraga eSports. Medali perak diraih oleh Hendry Koentarto dari nomor game Hearthstone.

Sementara medali emas dipersembahkan oleh nomor game Clash Royale. Pemuda 16 tahun asal Sulawesi Utara, Ridel Sumarandak mengharumkan cabor eSports di Indonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by BenZer Ridel (@ridel_benzer) on

"Walaupun Clash Royale masih dalam uji coba (eksibisi), saya sangat bangga bisa mendapat medali emas dan mengharumkan nama bangsa Indonesia," ungkap Ridel.

Kini dua tahun berselang, eSports akhirnya resmi menjadi cabang olahraga prestasi di Indonesia. Penetapan ini dilakukan dalam Rakernas KONI Pusat yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020.