x

Hanya PUBG Mobile Aplikasi Asal China yang Tak Dilarang di India

Jumat, 3 Juli 2020 22:24 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Game eSports PUBG Mobile ternyata satu-satunya aplikasi asal China yang tidak dilarang oleh pemerintahan India sampai saat ini.

INDOSPORT.COM - Game eSports PUBG Mobile ternyata satu-satunya aplikasi asal China yang tidak dilarang oleh pemerintahan India sampai saat ini.

Ketegangan India dan China terus bergulir hingga aksi pemblokiran aplikasi yang berasal dari Negeri Tirai Bambu oleh pemerintahan negara tersebut. Hal ini pun membuat para gamer di negara itu sempat merasa khawatir.

Gamer asal India pun khawatir jika game online terutama PUBG Mobile yang sempat populer di sana ikut dilarang. Seperti halnya Indonesia, India juga salah satu negara dengan industri eSports mobile terbesar di dunia.

Banyak tim asal negara tersebut yang mengirimkan para player-nya untuk mengikuti turnamen eSports tingkat dunia.

Baca Juga
Baca Juga

Seperti dilansir dari South China Morning Post, game naungan Tancent Games, PUBG Mobile,cukuplah beruntung. Pasalnya, aplikasi lainnya seperti WeChat dilarang di India. Sampai saat ini masih belum diketahui alasan jelasnya mengenai hal ini.

Melihat tidak jadinya untuk pelarangan aplikasi asal China tersebut, para pemain PUBG Mobile asal India pun mengucapkan rasa syukur karena hanya gim battle royal inilah satu-satunya aplikasi yang tidak dilarang di negaranya.

PUBG Mobile sendiri merupakan gim garapan TiMi J1 Studio yang bernaungan di bawah Tencent Games. Menurut data yang dilaporkan Sensor Tower, gim ini menjadi permainan nomor satu di iOS App Store dan kedua terpopuler di Google Play kawasan India.

Sejauh ini, dugaan yang beredar adalah pemerintah India melihat game PUBG Mobile masih berasal dari PUBG versi PC yang diciptakan perusahaan Korea Selatan bernama Bluehole. Padahal, Tencent sendiri adalah pemilik lisensi yang membuat game ini ke versi mobile.

Baca Juga
Baca Juga

Di India, game eSports PUBG Mobile sendiri sudah menuai kontroversi. Beberapa provinsi di negara tersebut sempat memblokir game ini karena terbukti menjadi penyebab kepribadian seseorang menjadi buruk dan mengakibatkan kecelakaan.

Bahkan, pemerintah setempat yang memblokir PUBG Mobile pernah menurunkan tim kepolisian khusus untuk menangkap masyarakat yang ketahuan bermain game ini.

ChinaIndiaeSportsPUBG MobilePlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG)Berita eSports

Berita Terkini