x

Esports: Riot Umumkan Format Baru dan Lokasi League of Legends Worlds 2023

Jumat, 13 Januari 2023 00:45 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Game eSports League of Legends.

INDOSPORT.COM — Riot Games sudah umumkan lokasi sekanjutnya untuk tournament League of Legends terbesar, Worlds, yang juga akan mengusung format baru.

Worlds 2023 kali ini akan diselenggarakan di Korea Selatan. Terakhir kali negeri ginseng ini menjadi tuan rumah untuk turnamen ini adalah pada 2018 silam.

Riot Games akan mengambil komplek Incheon Munhak Stadium sebagai tempatnya namun masih belum bisa dipastikan kapan tanggal pasti dan juga venuenya.

Adapun pada gelaran Worlds 2023 kali ini, Riot Games akan menghadirkan beberapa format baru untuk kompetisi kali ini.

Format baru ini sehubungan dengan adanya usulan dan desakan dari para penggemar mengenai format Worlds biasanya.

Baca Juga

Pasalnya, para penggemar sudah menyuarakan perubahan format ini sejak lama. Format yang akan dirubah yaitu format best of 1 mereka.

Diketahui bahwa format Worlds biasanya dimulai dari best of 1 dan siapapun yang menang dalam sekali pertandingan akan melaju ke tahap selanjutnya.

Baca Juga

Banyak penggemar yang menganggap format lama ini tidak bisa benar-benar cukup untuk mengetahui tim mana yang sebenarnya lebih hebat.

Sepertinya Riot Games selaku pengembang dari League of Legends pun mendengar akan hal ini dan melakukan beberapa perubahan.

Adapun yang paling mencolok dalam perubahan format League of legends Worlds 2023 adalah pada fase grup nantinya.

Baca Juga

1. Perubahan Format

Game eSports League of Legends.

Pertama kalinya dalam sejarah, Riot Games akan menggunakan format seleksi Swiss dalam fase grup pada gelarang Worlds 2023.

Dengan format ini, maka semua tim akan berada dalam satu grup dan tim yang memiliki rekor menang-kalah sama akan diadu satu sama lain.

Sebelumnya, untuk ronde pertama semua tim akan melawan tim lain secara acak namun tidak akan bermain dengan tim dari region atau wilayah mereka sendiri.

Misalnya, Cloud9 tidak akan bertemu dengan 100 Thieves pada ronde pertama karena mereka sama-sama dari region Amerika Utara.

Ronde pertama ini masih akan mengusung format best of 1 dan pertandingan akan selesai dengan hanya memainkan satu match.

Baca Juga

Ronde kedua, tim yang kalah akan bertemu dengan tim yang kalah dan tim yang menang akan bertemu dengan tim yang menang.

Tim yang dipilih pun masih secara acak namun sudah tidak menutup kemungkinan mereka akan bertemu dengan tim dari wilayah mereka sendiri.

Baca Juga

Pada ronde kedua ini, format best of 3 akan diterapkan. Itu berarti siapapun yang pertama kali mendapatkan dua kemenangan yang akan menang.

Total pertandingan pada League of Legends Worlds 2023 fase grup ini adalah sebanyak 33 pertandingan yang terdiri dari 20 best of 1 dan 13 best of 3.

Sedangkan pada League of Legends Worlds sebelumnya ada 48 pertandingan yang semuanya ditentukan dalam best of 1.

Baca Juga

Sumber: ESTNN

eSportsLeague of Legends (LoL)Berita eSports

Berita Terkini