x

Banyak Bakat Potensial, Ketum PSSI Erick Thohir Diminta Urus Atlet eSports Sepakbola Indonesia

Rabu, 1 Maret 2023 21:44 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Subhan Wirawan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM — Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, diharap mampu menaungi atlet eSports sepakbola Indonesia yang memang menjadi tanggung jawabnya.

Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena umumnya cabang eSports berada di bawah naungan PBESI yang merupakan payung dari semua kegiatan eSports.

Namun, tampaknya hal tersebut berbeda untuk sepakbola yang meman ternyata berada di bawah naungan langsung dari PSSI yang merupakan federasi sepakbola Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Putra Sutopo yang merupakan CEO dari Indonesia Football e-League (IFeL), yang meminta Erick Thohir untuk memperhatikan eSports sepakbola juga.

Atlet eSports sepakbola di Indonesia sendiri memang terbilang luar biasa dan sudah beberapa kali menyabet gelar internasional yang cukup bergengsi.

Baca Juga

Namun sayang, gaung dari olahraga elektronik tersebut kurang diminati oleh publik Indonesia yang membuat skemanya tidak berkembang.

Padahal ada beberapa atlet yang baru saja meraih prestasi mentereng, seperti Elga Cahya Putra yang mendapatkan medali emas dalam kejuaraan World Esports Championship 2022 pada bulan Desember silam.

Baca Juga

Meski atlet eSports Indonesia cukup memiliki nama di luar negeri, namun malah redup di bangsa sendiri. Hal tersebut pula yang mereka minta dari Erick Thohir.

Akan tetapi, untuk menaikkan pamor dari cabang eSports sepakbola tentu akan sangat sulit terutama di Indonesia yang pasar eSportsnya sudah dikuasai oleh game mobile.

Beberapa game mobile yang telah menjamur di Tanah Air antara lain Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile yang menjadi tulang punggung skema eSports Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini.

Baca Juga

1. Mobile Game Masih Mendominasi

Pelantikan pengurus Esports Indonesia oleh PBESI

Tidak bisa dibantah bahwa kesuksesan dari Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile membuat skema eSports lainnya tidak bisa berkembang di Indonesia.

Terlebih dengan eSports sepakbola yang dimainkan melalui PC atau konsol yang membuat mereka tentu sangat sulit untuk bersaing dengan game mobile.

Dengan beberapa fakta tersebut, untuk bisa menaikkan panggung eFootball sebagai salah satu cabang eSports sepakbola tentu sangat sulit.

Namun, mengingat bahwa atlet eSports yang dimiliki Indonesia di kancah tersebut terbilang luar biasa, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka bisa bersaing.

Sebenarnya, PBESI sebagai penanggung jawab ranah eSports tanah air tidak lepas tangan dari hal tersebut namun diminta bisa berkolaborasi dengan PSSI untuk bisa mendapatkan eksposur lebih.

Baca Juga

Sebagai informasi tambahan, Indonesian Football e-League (IFeL) memang merupakan organisasi yang ditunjuk langsung oleh PSSI dan PT. LIB untuk mengurus eSports sepakbola.

Dengan begitu, tak ayal bahwa Erick Thohir pun diminta untuk menaungi hal ini sebagai ketua umum PSSI yang baru meski eSports seharusnya masuk ranah PBESI.

Baca Juga

Patut kita tunggu langkah apa yang akan diambil oleh Erick Thohir selaku ketua umum PSSI untuk bisa menaikkan kancah eSports sepakbola tanah air.

Sebenarnya, semua sudah disiapkan dengan para atlet yang juga sudah memiliki prestasi luar biasa, namun pemasaran yang kurang membuat publik bahkan tidak melirik panggung tersebut.

Dengan kolaborasi dari PSSI dan PBESI, diharapkan panggung tersebut mulai dilirik oleh masyarakat yang tentu bisa memperbaiki nasib dari para atlet yang sebenarnya sangat berbakat tersebut.

Baca Juga

Sumber: inilah

PSSIErick ThohireSportsKetua Umum PSSIBerita eSportsPB Esports Indonesia (PBESI)Indonesian eFootball Cup

Berita Terkini