x

Kenalan dengan Adji Sven, Shoutcaster Free Fire Indonesia

Kamis, 23 Maret 2023 20:00 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Free Fire menjadi salah satu dari banyaknya game eSports yang peminatnya terbilang ramai di Indonesia. (Foto: Dok.Pribadi Adji Sven)

INDOSPORT.COM Free Fire menjadi salah satu dari banyaknya game eSports yang peminatnya terbilang ramai di Indonesia.

Game yang berada di bawah naungan Garena ini juga berhasil mencetak banyak atlet Free Fire yang memiliki segudang prestasi.

Baca Juga

Bak olahraga lainnya, di dalam dunia eSports juga turut diramaikan oleh komentator pertandingan yang biasa dikenal dengan sapaan shoutcaster.

Salah satu shoutcaster ternama yang ikut mewarnai atmosfer game Free Fire Indonesia ialah Adji Sven. Pria yang akrab disapa Mas Blay ini mengawali karirnya sebagai shoutcaster untuk beberapa game eSports sejak tahun 2016 silam.

Baca Juga

Kepada INDOSPORT, Adji Sven menceritakan bahwa kariernya di masa kini bermula karena dirinya yang gemar bermain game PC maupun mobile.

“Kenapa bisa jadi caster itu karena dulu hobi main beberapa game di warnet. Terus main game ada 5-6 tahun kayak mikir gini-gini aja gitu enggak ada perkembangannya dari segi pencapaian, turnamen juga menangnya yang gitu-gitu aja,” jelas Adji Sven kepada INDOSPORT, Sabtu (18/03/23).

Baca Juga

Selanjutnya, dikatakan Adji Sven bahwa dirinya mendapat kesempatan dari Garena untuk menjadi tim balik layar suatu acara live streaming game yang dibawakan oleh shoutcaster Ericko Lim.

“Jadi pas jalanin momen itu sebagai orang di balik layar timbullah rasa ketertarikannya gitu,” kata pria yang akrab disapa mas Blay itu.

“Kayak ngeliat Ericko Lim ini kok seru banget bisa bawain acara terus hype-nya dapet ditambah sambil nontonin game-nya juga. Nah dari situ mulai tertarik,” ujarnya.


1. Rutin Bertanya Jadi Kunci

Free Fire Master League (FFML) Season 7 Pekan Kedua di Studio Sepat 72, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Adji Sven mengaku bahwa keberanian untuk rutin bertanya kepada para senior menjadi kunci soal perkembangan karirnya di kancah game eSports.

“Lalu saya sama atasan-atasan minta saran dan nanya apakah ada kesempatannya atau tidak, ternyata ada,” ujar Adji Sven kepada INDOSPORT.

Baca Juga

“Kalau waktu itu gak ada keberanian nanya mungkin kesempatan itu gak pernah ada sih kayaknya,” pungkas pria rambut gondrong itu.

Usai tekun dalam bertanya dan berlatih, akhirnya pada tahun 2016 silam Adji Sven diberi kesempatan mengisi acara on air untuk game league of legends.

Baca Juga

Setelah itu, ia juga pernah menjajal sebagai caster untuk game mobile Arena of Valor (AOV) selama sekitar dua setengah tahun.

Kemudian pada tahun 2019, pria yang nyentrik dengan kacamata hitamnya itu mulai fokus sebagai caster untuk game battleground Free Fire Indonesia.

Baca Juga

Adji Sven juga saat ini menjadi salah satu caster yang turut memeriahkan turnamen Free Fire Master League (FFML) season 7 yang tengah berlangsung.

Gelaran FFML Season 7 sendiri sudah memasuki pekan keempat dan akan kembali digelar pada 24-25 Maret mendatang.

Baca Juga

Kompetisi ini akan kembali ditayangkan secara live melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok Free Fire Esports ID.

Para pencinta Free Fire juga dapat menyaksikan langsung pertandingan tim-tim kesayangan mereka di Studio Sepat 72, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

eSportsFree FireBerita eSportsFree Fire Master League

Berita Terkini