x

Final IFeL SEA Championships 2023: Indonesia Takluk dari Thailand 1-3

Senin, 17 Juli 2023 19:05 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Final IFeL SEA Championship 2023 di Poin Arena, Tendean, Jakarta, Minggu (16/07/23) malam WIB.

INDOSPORT.COM - Babak final IFeL SEA Championships 2023 melahirkan tim Thailand keluar sebagai juara pertama. Kompetisi sepakbola virtual se-Asean yang kali pertama digulirkan tersebut akhirnya telah rampung dilaksanakan.

Pada babak final yang dihelat tadi malam, Minggu (26/07/23), di Point Arena, Tendean, Jakarta Selatan, tim Indonesia harus puas mengakui keunggulan dari skuad Thailand dengan skor akhir 1-3.

Tim indonesia sendiri diwakili oleh Puspamba Ibrahim di kategori konsol dan Dennis Bernard Khu untuk kategori mobile.

Pada match pertama, Indonesia sejatinya sempat unggul melalui permainan Puspamba di kategori konsol, namun sayang kemenangan ini tak berlanjut di laga kedua yang dimainkan oleh Dennis Benard, ia harus takluk melalui babak penalti 5-6 . 

Kemudian pada match ke-3 dan ke-4 kekalahan Indonesia pun berlanjut, kali ini baik Puspamba maupun Benard harus mengakui kekuatan tim Thailand yang menurunkan Master Sirawut Rungratkasikul di kategori konsol dan Chomakata Yupraphat di kategori mobile. 

Baca Juga

Alhasil, Indonesia pun akhirnya takluk 1-3 dari Thailand, hasil ini memastikan tim negeri gajah putih keluar sebagai juara di ajang ifel sea Championship 2023. 

Dengan begitu, Thailand berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp35 juta dan trofi IFeL SEA Championship 2023. Sedangkan Indonesia hanya mendapatkan uang tunai sebesar Rp20 juta.

Baca Juga

Sementara itu untuk peringkat ketiga dan keempat diraih oleh Vietnam dan Malaysia, dan berhak atas uang tunai sebesar Rp10 juta Rupiah. 

CEO IFeL, Putra Sutopo, mengaku sangat bersyukur turnamen IFeL Championship 2023 bisa berjalan dengan baik. 

Baca Juga

Dirinya juga mengaku takjub dengan besarnya animo  penonton yang menyaksikan melalui live streaming di turnamen yang baru pertama kali digelar.


1. IFeL SEA Championship Bakal Jadi Agenda Tahunan

Final IFeL SEA Championship 2023 di Poin Arena, Tendean, Jakarta, Minggu (16/07/23) malam WIB.

"Alhamdulillah acara ini berjalan lancar di semua platform live streaming kami, Saya lihat tadi ada sekitar 80 ribu orang yang menonton pertandingan final secara langsung," kata Putra Sutopo, Minggu (16/07/23) malam WIB, di Point Arena, Tendean, Jakarta Selatan.

Sementara Putra Sutopo menilai Thailand layak meraih juara karena permainannya sudah terlihat sejak babak penyisihan grup.

“Thailand memang layak juara karena sejak babak group stage sangat mendominasi. Di grand final cukup ketat, Indonesia memberikan perlawanan, sayang belum rezekinya Indonesia. Semoga rezekinya Indonesia di kejuaraan dunia,” imbuhnya.

Sebagai penyelenggara, pihaknya berencana akan selalu menggelar IFeL SEA Championship setiap tahun lantaran juaranya akan dikirim ke level yang lebih tinggi, mulai Asia hingga dunia.

Selain itu, pada kompetisi tahun depan, negara Asia Tenggara lain yang belum bergabung, seperti Singapura, Filipina dan Timor Leste bisa ambil bagian setelah melihat antusias dan suksesnya ajang ini.

Baca Juga

Untuk kejuaraan edisi perdana kali ini, terdapat delapan negara yang berpartisipasi. Selain tuan rumah Indonesia, ada Thailand, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar dan Brunei Darussalam.

Sementara itu disisi lain, tim Thailand yang sukses keluar sebagai juara di event ini mengaku cukup bergembira dan mengapresiasi hadirnya turnamen ifel sea Championship 2023. 

Baca Juga

“Kami senang karena ini adalah pertama kalinya kami memenangi ajang ini," kata manajer Thailand, Bossui, Minggu (16/07/23) malam WIB.

"Ya kami sudah terbiasa dengan situasi ini (tekanan fans Indonesia) karena di Thailand, kami juga biasa menghadapi fans-fans yang ramai, sama saja situasinya, saya harap turnamen ini bakal terus bergulir tiap tahunya," sambungnya.

ThailandTim Nasional IndonesiaIFel SEA Championship 2023

Berita Terkini