x

Profil Evan Soumilena, Jelmaan Ibrahimovic yang Bikin Timnas Futsal Indonesia Berprestasi

Senin, 11 April 2022 12:11 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi Evan Soumilena saat mencetak gol dan Indonesia berhasil menundukkan Malaysia dengan skor 5-1. Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM - Berikut profil Evan Soumilena, sosok jenius yang bisa membawa timnas futsal Indonesia jadi finalis di turnamen Piala AFF Futsal 2022.

Sebagaimana diketahui, timnas futsal Indonesia memang sempat panas dingin karena baru saja ditinggalkan oleh pelatih kepala asal Jepang, Kensuke Takahashi.

Baca Juga

Kick-off Piala AFF Futsal 2022 berlangsung pada 2 April 2022 di Thailand, sementara pelatih baru, Mohammed Hashemzadeh baru tiba di Tanah Air pada 11 Maret lalu.

Selain itu, para pemain yang dipilih untuk membela Timnas Futsal Indonesia adalah para pemain muda debutan di Piala AFF.

Bahkan, Timnas Indonesia memutuskan hanya membawa satu pivot saja, yang terus diandalkan di line up, yaitu Evan Soumilena.

Baca Juga

Meski begitu, timnas Indonesia mampu membuktikan kualitasnya dan melewati babak grup dengan cukup mudah, termasuk menang telak 6-1 atas Myanmar di semifinal.

Timnas Futsal Indonesia melenggang ke final Piala AFF Futsal 2022 dan berjumpa Thailand, yang tidak hanya menjadi yang terkuat di Asia Tenggara, tapi juga di dunia.

Evan Soumilena sukses menjebol gawang Thailand terlebih dahulu, lalu Indonesia unggul 2-0. Tapi di menit-menit akhir, timnas kebobolan dua gol langsung.

Baca Juga

Timnas futsal Indonesia memang kalah di babak adu penalti, dan Merah Putih hanya jadi runner-up. Namun, Evan Soumilena dkk juga akan melaju ke Piala Asia Futsal 2022.

Evan Soumilena menjadi pendatang baru yang menjanjikan, mencetak delapan gol di Piala AFF Futsal 2022, dan siap membawa Timnas Indonesia berprestasi lagi di Asia.


1. Evan Soumilena, Anak Papua Jelmaan Ibrahimovic

Black Steel Manokwari menjuarai Liga Futsal Profesional (LFP) 2020 usai mengalahkan SKN FC Kebumen dengan skor telak 6-2, Minggu (28/3/21).

Holypaul Septinus Soumilena alias Evanmovic bukanlah nama baru di dunia futsal Indonesia. Sebab, rekam jejaknya di Pro Futsal League sudah cukup panjang. 

Pemain yang berposisi sebagai pivot atau penyerang murni ini sudah bermain untuk Black Steel Manokwari pada tahun 2017. 

Baca Juga

Atlet futsal kelahiran 19 November 1996 itu memang lahir dan tumbuh besar di Papua.

Bersama Black Steel Manokwari, ia terus menampilkan perkembangan positif. Salah satu prestasinya ialah mempersembahkan gelar Pro Futsal League 2020 ke tim BSM.

Fakta uniknya, Evan saat ini juga berstatus sebagai anggota kepolisian aktif di Papua.

Baca Juga

Meski demikian, ia tetap tetap bermain futsal dan memperlihatkan performa yang apik selama ajang Pro Futsal League 2020.

Tidak hanya itu saja, keberhasilannya di Black Steel Manokwari membuat Evan sempat akan bermain ke Liga Thailand.

Evan dipinang oleh Royal Thai Navy FC dengan status pinjaman, beserta dua kompatriotnya di skuat Black Steel, yaitu Ardiansyah Nur dan Muhammad Albagir. 

Baca Juga

Di Indonesia, pemain berjuluk Evanmovic itu menjadi sosok juru gedor yang diwaspadai oleh lawan-lawannya, setiap kali akan menghadapi Black Steel Manokwari.

Keunggulannya adalah tajam di depan gawang. Itulah mengapa, Evan dianggap sebagai jelmaan striker asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic, sehingga dijuluki Evanmovic.


2. Apa Kata Evan Soumilena?

Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Lolos ke final Piala AFF Futsal 2022 dan membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia Futsal 2022, membuat Evan Soumilena tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

Pasalnya, ini adalah debut Evan Soumilena di Piala AFF, tapi ia bisa menggelontorkan banyak gol dan membawa Merah Putih menjadi runner up di ajang tersebut.

"Sebuah kebanggaan tersendiri karena debut pertama bisa terus ke final. Tahun 2019 saya gagal seleknas dan sekarang masuk final di Piala AFF," ungkap Evan.

FutsalTimnas Futsal IndonesiaPapuaBlack Steel ManokwariAFF FutsalBerita Futsal

Berita Terkini