Ketahuan Pakai Doping, Medali Emas Olimpiade Atlet Rusia Dicabut

Sabtu, 11 Februari 2017 14:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Associated Press
Mariya Savinova saat memperoleh medali emas Olimpiade 2012. Copyright: © Associated Press
Mariya Savinova saat memperoleh medali emas Olimpiade 2012.

Dilansir BBC, Mariya Savinova membuat pengakuan dalam sebuah video bahwa dirinya menggunakan doping saat Olimpiade London 2012 dan Kejuaraan Eropa 2010 lalu untuk meningkatkan performanya.

Akhirnya Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menjatuhkan vonis bagi pelari 31 tahun ini berupa larangan bertanding selama empat tahun dan gelar juara Olimpiade 2012-nya dibatalkan. Medali perak pada Kejuaraan Dunia 2013 milik Savinova pun juga ditarik.

Ini berarti pelari Afrika Selatan, Caster Semenya, dinobatkan menjadi peraih medali emas dan juara tiga Kejuaraan Eropa 2010 asal Inggris, Jenny Meadows, memperoleh medali perak.


Mariya Savinova saat kejuaraan di Moskow 2013.

Dalam sebuah pernyataan, CAS mengatakan bahwa ada bukti jelas bahwa Savinova telah menggunakan doping sejak Juli 2010, tepat sebelum Kejuaraan Eropa hingga Kejuaraan Dunia 2013. Savinova mengakui menyuntikkan tetosteron dan steroid oxandrolone yang telah dilarang.

Savinova adalah salah satu dari lima atlet Rusia yang dilaporkan ke Badan Anti-Doping Dunia (WADA) karena diduga mengonsumsi doping. Ia pun tak diperbolehkan mengikuti kejuaraan apapun sejak 2013 karena berada dalam penyelidikan setelah video pengakuannya disebar oleh Yuliya Stepanova.

33