Komunitas Sehat

4 Tips Melakukan Pemanasan yang Benar Agar Tak Cedera Saat Olahraga

Jumat, 12 Oktober 2018 18:01 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Lanjar Wiratri
© Active
Warming up session. Copyright: © Active
Warming up session.

INDOSPORT.COM - Langsung melakukan olahraga berat dapat membuat otot-otot kita kaget dan rentan cedera. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan olahraga, kita diwajibkan untuk melakukan pemanasan. 

Sayangnya, pemanasan adalah salah satu aspek yang paling sering diabaikan dalam setiap latihan olahraga. Padahal pemanasan merupakan elemen paling penting dalam membangun latihan yang efektif.

Ada dua alasan untuk hal ini, pertama, pemanasan secara menyeluruh akan memperlancar peredaran darah yang membawa oksigen dan nutrisi di otot Anda. Kedua, sebagian besar orang tidak menyadari bahwa pemanasan akan merangsang kerja sistem saraf pusat sehingga memperbaiki 'koneksi' antara otak dan otot. 

© Breaking Muscle
Warming up session. Copyright: Breaking MuscleWarming up session.

Pemanasan tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Berikut adalah 4 tips melakukan pemanasan yang benar dan ideal.

1. Melemaskan otot-otot tubuh

Sebelum melakukan aktivitas olahraga kita harus bangkir berdiri dan melakukan beberapa gerakan sederhana. Mulailah dengan memutar punggung Anda yang menggerakkannya ke kanan dan ke kiri.

Kemudian, tekan tumit dan berjinjit, lakukan secara bergantian. Sebagai tambahan, Anda dapat menggoyangkan pinggul Anda sambil menyenandungkan musik dangdut.