CCTV Jalan Raya Tangkap Pelari ‘Nakal’ di Lomba Maraton di China

Kamis, 29 November 2018 20:51 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© BBC
Berbagai kecurangan terjadi di lomba maraton di China Copyright: © BBC
Berbagai kecurangan terjadi di lomba maraton di China

INDOSPORT.COM – Hampir sebanyak 250 pelari setengah maraton di China ketahuan melakukan kecurangan setelah sebuah kamera lalu lintas menangkap mereka mengambil jalan pintas melalui semak-semak.

Tidak hanya itu saja, pihak penyelenggara lomba yang berlangsung di Schenzhen, China, juga menemukan 18 pelari mengenakan tanda pengenal palsu sementara tiga pemain lainnya dianggap sebagai penipu.

Laporan dari portal berita olahraga, BBC Sports mengungkapkan bahwa pihak penyelanggara segera melakukan tindakan atas ulah para pelari ‘nakal’ itu dengan melarang mereka untuk melanjutkan balapan.

“Berlari maraton bukan hanya olahraga, tetapi metafora kehidupan, dan setiap pelari bertanggung jawab untuk dirinya sendiri,” ujar pihak penyelanggara dalam pernyataannya.

Sebuah rekaman yang ditemukan tersebut diambil dari kamera lalu lintas polisi di kota Shenzhen, yang menunjukkan pelari memotong lintasan dengan melewati semak belukar, ketimbang harus melintasi trek berliku.

Setidaknya ada 237 orang yang tertangkap melakukan kecurangan, di mana mereka berlari dua hingga tiga kilometer lebih pendek dari jarak seharusnya 21 kilometer.

Perlombaan tahunan yang berlangsung di kota terbesar keempat di Cina ini berhasil menarik sekitar 16.000 pelari untuk berpartsipasi.

Terus Ikuti Berita Lari dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT